Sukses

Demokrat Disarankan Tingkatkan Literasi Digital Usai MA Tolak Gugatan Moeldoko

BW mengingatkan, Demokrat harus melibatkan para aktivis, para akademisi dan anak-anak muda pemilik suara di masa depan untuk bukan hanya tahu, tapi juga berani bersuara.

Liputan6.com, Surabaya Ahli hukum yang juga aktivis HAM dan demokrasi Bambang Widjojanto atau BW menyatakan, putusan Mahkamah Agung yang menolak gugatan Kubu Moeldoko, bukanlah hadiah pemerintah Partai Demokrat.

BW mengingatkan bahwa upaya kudeta terhadap Partai Demokrat ini bukan hanya persoalan Demokrat saja tapi juga persoalan masyarakat sipil.

"Saya menyebutnya sebagai brutalitas demokrasi, karena memang sudah brutal caranya," ujar BW dalam webinar Proklamasi Democracy Forum (PDF), Minggu (21/11/2021).

BW mengingatkan, Demokrat harus melibatkan para aktivis, para akademisi dan anak-anak muda pemilik suara di masa depan untuk bukan hanya tahu, tapi juga berani bersuara.

"Ini kesempatan yang baik untuk memanaskan mesin partai sambil tetap melibatkan berbagai elemen masyarakat sipil," kata dia.

Pemerhati politik dari Undip Wijayanto menyarankan Demokrat dan masyarakat sipil untuk terus meningkatkan literasi digital.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tsunami Isu

"Waspadai jika volume percakapan atas suatu isu mendadak naik dalam jumlah besar, atau tsunami isu," katanya.

"Selain itu, biasanya konten-kontennya dibuat secara terencana, bukan amatiran atau spontan. Isu yang didorong pasukan siber juga biasanya punya endurance (daya tahan) yang lama. Contohnya isu Presiden tiga periode. Saya diwawancarai isu ini pada 2019, lalu pada 2020 dan 2021 ini saya masih ditanya isu yang sama," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.