Sukses

2 Desa Banjir Akibat Hujan Deras di Pacitan

BPBD Pacitan terus mengupayakan penanganan dengan berkoordinasi dengan dinas terkait dan perangkat desa setempat untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Liputan6.com, Surabaya - Hujan deras yang mengguyur Pacitan membuat dua desa di wilayah tersebut banjir. Dua desa tersebut  adalah desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo dan Desa Belah Kecamatan Donorojo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo, memastikan tidak ada  korban jiwa. Namun, sedikitnya tujuh kepala keluarga (KK) atau sekitar 30 jiwa terdampak. Tujuh unit rumah bahkan sempat terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 20-50 centimeter.

"Meskipun sempat banjir, namun hanya terjadi sesaat karena hujan sudah reda dan langsung dilakukan pembersihan," lanjut Didik.

BPBD Kabupaten Pacitan terus mengupayakan penanganan dengan berkoordinasi dengan dinas terkait dan perangkat desa setempat untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Mulai dari  asessmen, pembersihan sisa material dan mendistribusikan logistik kepada masyarakat terdampak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Tim

Mereka juga telah membentuk tim yang ditempatkan di tiap kecamatan yang berada di Kabupaten Pacitan guna melakukan penanganan bencana tahap awal.

"BPBD membentuk Agen Siaga Bencana yang beranggotakan BPBD dan relawan lokal yang di tempatkan pada masing-masing kecamatan dengan tugas untuk mengedukasi dan  penanganan bencana jika terjadi bencana di daerahnya," kata Didik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.