Sukses

Kata Wagub Emil Dardak soal Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Menurut dia, transformasi pendidikan tidak akan menghilangkan peran guru justru akan memacu guru untuk bersama sama menjawab tantangan masa depan.

Liputan6.com, Surabaya - Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kemendikbud Ristek dinilai bisa menjawab tantangan transformasi pendidikan.

"Transformasi pendidikan ini momen yang sangat penting untuk berani berubah. Nah, MBKM ini salah satu perubahan itu," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Minggu (7/11/2021), dikutip dari Antara.

Menurut dia, transformasi pendidikan tidak akan menghilangkan peran guru justru akan memacu guru untuk bersama sama menjawab tantangan masa depan.

"Jangan sampai kemudian seakan-akan guru berdalih bahwa yang bisa mengajar anak didik itu justru bukan guru, tapi praktisi," ucap dia.

Menurutnya, peran guru tetap penting, bahkan dia berharap guru diberi peluang untuk meng-upgrade  menjadi praktisi, diberi waktu untuk tidak hanya mengejar target jam mengajar.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut juga menekankan kepada seluruh pihak untuk bersama-sama memberdayakan semua guru demi menjawab tantangan masa depan.

"Jangan kita tinggalkan guru yang sudah ada, mari berdayakan mereka untuk bisa menjawab tantangan masa depan," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluar dari Zona Nyaman

Di sinilah, kata Emil, harus ada kemauan semua pihak untuk keluar dari zona nyaman, kemudian melakukan perubahan yang ada masa-masa transisi dan tidak begitu menyenangkan bagi semua pihak.

"Tetapi inilah jalan untuk menjawab tantangan masa depan," kata orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.