Sukses

Jembatan Kaca Seruni Point Bromo Bakal Dilengkapi Spot Strategis, Ini Dia Titiknya

Menurutnya, hal terpenting dalam pembangunan jembatan kaca harus benar benar berkualitas dan terjamin keamanannya.

Liputan6.com, Surabaya - Sekda Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono menyatakan dukungan penuh pembangunan jembatan kaca Seruni Point Bromo.

Menurutnya, hal terpenting dalam pembangunan jembatan kaca harus benar benar berkualitas dan terjamin keamanannya. Koordinasi dan komunikasi terus dilakukan dengan tim yang menangani pembangunan jembatan kaca.

"Kita berharap, pembangunan jembatan kaca Seruni Point Bromo membawa manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas pada umumnya. Keuntungan lain adalah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Bromo Tengger Semeru," ujarnya dikutip dari TimesIndonesia, Minggu (7/11/2021). 

Jembatan kaca Seruni Point Bromo akan jadi jembatan kaca terpanjang di Indonesia. Memiliki panjang 120 meter, ia akan melintasi jurang sedalam 80 meter.

Berdasarkan paparan Balai Geoteknik, Terowongan dan Struktur Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, ukuran lantai kaca memiliki lebar 1.8 meter dan 3 meter.

Kaca tersebut dilengkapi dengan pengaman berlapis SGP. Struktur kaca pengaman berlapis (Laminated Glass) terdiri dari dua lembar kaca atau lebih, yang direkatkan satu sama lain menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer).

Jembatan kaca di Seruni Point didesain sebagai jembatan kabel gantung (suspended cable).  Menggunakan fondasi tiang bor dan sumuran yang lebih tahan terhadap longsor dan gempa bumi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pacu Adrenalin

Jembatan yang akan memacu adrenalin pengunjung tersebut, akan dilengkapi dengan area area strategis.

Pertama, terminal wisata yang terdiri dari tempat parkir, bangunan multi fungsi, Amphitheater dan Gate Jembatan Kaca.

Kedua, shuttle Area yang terdiri dari finish point yaitu cafe dan area penjemputan.

Semua itu akan memanjakan para pengunjung Jembatan kaca Seruni Point Bromo, sembari menikmati pemandangan perbukitan dan Gunung Bromo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.