Sukses

Yuk Liburan ke 5 Pantai Ciamik di Banyuwangi Ini, Nomor 4 Airnya Warna Hijau

Anda bisa menikmati fenomena sunset atau matahari tenggelam di pantai Banyuwangi. Kemudian mengabadikannya sebagai suatu momen langka bagi kehidupan Anda.

Liputan6.com, Banyuwangi Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang menyuguhkan keindahan alam memukau. Tidak salah jika Banyuwangi sering dijadikan tempat tujuan wisata dari dalam dan luar negeri.

Berbagai pilihan destinasi wisata di ujung Timur Pulau Jawa ini membuat pengunjung tak bosan-bosannya liburan ke Banyuwangi. Jika Anda sedang mampir ke Banyuwangi, wajib mengunjungi satu persatu wisatanya.

Salah satu destinasi wisata yang tak kalah ramai dikunjungi dari Bali adalah wisata pantai di Banyuwangi. Di Banyuwangi terdapat pilihan wisata pantai yang bisa Anda coba.

Anda bisa menikmati fenomena sunset atau matahari tenggelam di pantai Banyuwangi. Kemudian mengabadikannya sebagai suatu momen langka bagi kehidupan Anda.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai-pantai di Banyuwangi, simak beberapa rekomendasi wisata pantai Banyuwangi berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pantai Pulau Merah

Objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur ini menyuguhkan pemandangan indah yang membuat pengunjung ogah pulang. Wisata dengan nama Pantai Pulau Merah ini dikenal karena memiliki bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah.

Letak bukit yang tingginya sekitar 200 meter itu berada di dekat bibir pantai. Wisatawan bisa mengunjungi bukit ini dengan berjalan kaki saat air laut surut.

Bagi penggemar olahraga selancar, Anda bisa melakukannya di pantai ini dengan tetap harus berhati-hati karena ombak di Pantai Pulau merah ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter.

 

3 dari 5 halaman

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan salah satu wisata di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini lebih dikenal dengan sebutan G-Land oleh wisatawan.

Pantai yang memiliki garis pantai panjang ini ombaknya disebut sebagai salah satu yang terbaik di antara pantai lainnya, sehingga pantai ini terkenal dengan surganya para surfer.

Bagi Anda yang bukan surfer, Anda masih bisa menikmati hal-hal lainnya di pantai ini. Misalnya sekadar foto-foto di hamparan pasir putih atau bersantai menghabiskan hari di pantai ini.

3. Pantai Sukamade

Berbeda dengan dua pantai yang telah disebutkan, Pantai Sukamade justru bukan hanya sekadar tempat wisata, tapi di pantai ini juga bisa menjadi tempat edukasi pelestarian alam.

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan di pantai ini adalah melepaskan tukik atau bayi penyu ke laut lepas.

Pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini kaya akan flora dan faunanya. Tidak heran jika pantai ini terkenal sebagai habitat penyu-penyu raksasa dan langka bertelur.

Jika kurang tertarik dengan hal tersebut, Anda masih tetap bisa menikmati keindahan Pantai Sukamade. Spot-spot foto menarik juga mudah didapatkan di pantai ini.

 

4 dari 5 halaman

4. Pantai Teluk Hijau

Pantai berikutnya bisa menjadi pilihan Anda untuk liburan ke Banyuwangi adalah Pantai Teluk Hijau. Asal muasal penamaan Pantai Teluk Hijau lantaran jika dari kejauhan warna air lautnya tampak jernih kehijauan akibat tanaman alga yang tumbuh di dasarnya.

Awalnya pantai ini tak sepopuler pantai lainnya di Banyuwangi. Pada pertengahan 2015 Pantai Teluk Hijau mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Jika Anda hendak ke pantai ini, Anda harus melewati rute yang terjal dan berbatu. Akan tetapi jangan khawatir, perjuangan Anda ke pantai ini akan terbayar dengan keindahan pemandangan di pantai ini.

Pantai ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pasanggarahan, Kabupaten Banyuwangi. Dari Kota Banyuwangi, Anda harus menempuh sekitar 90 kilometer agar bisa menikmati sunset di pantai ini.

 

5 dari 5 halaman

5. Pantai Rajegwesi

Jika belum puas mengunjungi empat pantai tersebut, Anda juga bisa mencobanya ke Pantai Rajegwesi. Pantai ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Letaknya masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai ini menyuguhkan berbagai fenomena keindahan yang tak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya. Akan tetapi, Anda jangan terlena karena ombak di pantai ini cukup besar. Jika berenang harus berhati-hati.

Di sini Anda akan melihat kapal nelayan yang menyandarkan perahunya di area pantai. Kemudian Anda juga akan melihat dengan mata langsung warna pasir Pantai Rajegwese yang cenderung kecoklatan karena endapan lumpur di sungai yang terbawa dan bermuara di pantai.

Itulah rekomendasi pantai di Banyuwangi. Cocok untuk Anda bersama keluarga, teman, atau pasangan hidup mengunjungi wisata pantai di Banyuwangi ini.

 

Penulis: Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.