Sukses

Gus Yani Bertekad Hilangkan Banjir Tahunan di Gresik, Begini Strateginya

Gus Yani bertekad agar Gresik terbebas dari banjir tahunan, yakni dengan membangun tanggul parapet juga melangsungkan proyek normalisasi.

Liputan6.com, Gresik - Pemerintah Kabupaten Gresik Jawa Timur menyiapkan skema long boom dan ponton untuk proses normalisasi Kali Lamong.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memastikan pengerjaan normalisasi Kali Lamong terus berjalan meski memasuki musim hujan karena telah disiapkan skema agar proyek itu tetap berlanjut dan tuntas.

Long boom adalah alat pengerukan yang memiliki jangkauan lebih jauh, sementara ponton berupa alat pengapung yang membuat alat berat itu bisa mengapung di permukaan air.

"Dengan skema itu, kami optimistis normalisasi atau pengerukan sedimentasi sungai berjalan lancar dan bisa selesai," katanya di Gresik (26/10/2021), dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan keberadaan long boom sudah ada dua, dan nanti disusul menyiapkan ponton.

"Saya sudah berkordinasi dengan pengusaha-pengusaha di daerah yang dilewati Kali Lamong. Kami harapkan bisa mendukung ini melalui program CSR," kata Gus Yani, menjelaskan.

Oleh karena itu, Gus Yani bertekad agar Gresik terbebas dari banjir tahunan, yakni dengan membangun tanggul parapet juga melangsungkan proyek normalisasi.

"Untuk tahap awal telah dianggarkan Rp8,4 miliar melalui P-APBD dengan capaian pengerukan sepanjang enam kilometer," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Normalisasi

Panjang Kali Lamong mencapai 103 kilometer dan badan sungai yang melintasi Gresik sepanjang 58,1 kilometer dengan kecamatan yang dilewati meliputi Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, Kedamean, Menganti, dan Kebomas.

Pada tahun 2021, pemerintah menargetkan bisa merampungkan normalisasi Kali lamong sepanjang 6 kilometer di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang. Di antaranya Desa Sedapurklagen, Lundo, Bulangkulon, Deliksumber, Munggugianti, dan Bengkelolor.

Selain itu, normalisasi anak Kali Lamong juga dilakukan di 19 lokasi, di antaranya Desa Tambak Beras, Jono, Morowudi, Putat Lor, dan Sukoanyar, serta membangun parapet di Desa Jono dan Tambak Beras sepanjang 1,3 km.

Sementara itu, banjir tahunan Kali Lamong tercatat telah membuat kerugian ekonomi yang diperkirakan mencapai Rp80 miliar setiap tahun, bahkan pernah menimbulkan korban jiwa dari masyarakat yang terdampak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.