Sukses

5 Wisata Alam di Surabaya Ini Cocok untuk Menyegarkan Pikiran

Berwisata alam bisa menjadi alternatif untuk quality time bersama keluarga atau mengajak sang kekasih untuk liburan.

Liputan6.com, Surabaya Selain dijuluki sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik. Salah satu destinasi wisata yang bisa menyegarkan pikiran adalah wisata alam. Wisata alam sendiri mempunyai banyak keunggulan, di antaranya bisa menghirup udara segar.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Sebagai kota modern, Surabaya dipenuhi dengan tempat hang out yang cukup banyak, mulai dari tempat kuliner, tempat sejarah, hingga tempat belanja.

Berwisata alam bisa menjadi alternatif untuk quality time bersama keluarga atau mengajak sang kekasih untuk liburan. Ada beberapa wisata alam menarik di Surabaya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut 5 rekomendasi wisata alam di Surabaya.

1. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Mangrove terletak di daerah Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Lokasi objek wisata alam ini tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Ketika mengunjungi wisata ini, wisatawan bisa menikmati hijaunya hutan mangrove. Destinasi ini cocok untuk edukasi alam tentang mangrove. Selain itu, terdapat spot foto menarik untuk mengabadikan momen-momen di Ekowisata Mangrove dan diunggahnya di media sosial.

Wisata alam ini sempat tutup sementara karena pandemi Covid-19, namun sejak 3 September 2021 sudah kembali buka. Wisata Mangrove ini beroperasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Taman Sakura Keputih

Wisata alam selanjutnya yang bisa dicoba ketika di Surabaya adalah Taman Sekura Putih. Wisata ini berlokasi di Jalan Keputih Tegal Timur II No. 249, Keputih, Sukolio, Surabaya.

Sebelum menjadi objek wisata, taman ini dulunya tempat pembuangan akhir (TPA). Kini menjadi objek wisata yang bisa melihat berbagai jenis bunga cantik.

Terdapat spot-spot foto menarik yang cocok untuk mengabadikan momen-momen di wisata ini. Cocok mengajak keluarga atau sang kekasih untuk liburan di wisata alam ini.

 

3 dari 4 halaman

3. Kenpark Surabaya

Wisata alam berikutnya adalah Kenjeran Park atau dikenal dengan Kenpark Surabaya. Salah satu objek unggulan di wisata ini adalah klenteng Sanggar Agung yang berdiri megah di pinggir laut.

Selain itu, ada juga tiruan Temple of Heaven China. Objek ini sering menjadi spot foto wisatawan.

Kenpark Surabaya berada di sekitar Pantai Kenjeran, tepatnya di Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Surabaya.

4. Kampung Wisata Jambangan

Kampung Wisata Jambangan juga tak kalah menarik dengan objek wisata alam lainnya. Kampung wisata ini terlihat hijau, rapi, bersih, dan enak dipandang.

Objek wisata ini juga dikenal dengan nama lain yang unik, yakni Kampung Pejabat yang merupakan akronim dari Kampung Pusat Ekonomi Jambangan Hebat.

Di kampung wisata ini, pengunjung bisa melihat berbagai kreasi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hasil warga setempat. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar cara membuat kompos organik maupun non organik.

Salah satu yang menarik di kampung wisata ini adalah pengelolaan limbah air. Limbah air mandi dan cucian warga Jambangan akan dimurnikan kembali melalui proses penyaringan, sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

Jika ke kampung wisata ini, wisatawan bisa mendapatkan insight baru yang bisa diterapkan di daerahnya masing-masing. Terlebih untuk pembangunan desa kedepannya.

 

4 dari 4 halaman

5. Wisata Perahu

Wisata Perahu berlokasi di Taman Prestasi, Surabaya. Wisata alam sejak 2017 ini juga dikenal dengan Wisata Kalimas.

Wisatawan Kalimas bisa mengelilingi dan menikmati pemandangan Kota Surabaya. Sepanjang sungai yang dilewati ada lampion-lampion cantik yang bisa dinikmati sepanjang jalan.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat bangunan bersejarah di Surabaya, misalnya Monkasel, Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman, Gedung Grahadi, Monumen Pesawat Bomber B-26, Jembatan Peneleh, dan Jembatan Merah.

Wisata Kalimas juga menyediakan buku yang bisa dibaca sepanjang perjalanan. Terdapat pula penampilan musik angklung Jawa Timur-an yang menambah kenikmatan saat menyusuri sungai Kalimas ini. 

Itulah 5 rekomendasi wisata alam di Surabaya yang bisa dicoba. Jangan terlewatkan ketika berada di Kota Pahlawan ini. 

Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.