Sukses

Sidoarjo Kejar PPKM Level 1, Begini Upayanya

Subandi mengungkapkan, untuk menuju level dua syaratnya sudah 50 persen cakupan vaksinasi dosis pertama

Liputan6.com, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menargetkan status PPKM menjadi level 1 dalam waktu dekat ini. Untuk mencapai target itu, setiap kecamatan minimal melakukan 1.500 vaksinasi dalam satu hari.

"Data cakupan vaksinasi dosis pertama di Sidoarjo sampai dengan hari ini 49,45 persen. Kurang dari satu persen lagi Sidoarjo sudah level dua," ujar Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, Rabu (22/9/2021).

Subandi mengungkapkan, untuk menuju level dua syaratnya sudah 50 persen cakupan vaksinasi dosis pertama. Sedangkan untuk turun ke level satu syarat cakupan vaksinasi dosis pertama 70 persen.

"Aturan itu sesuai dengan Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021," ucap Subandi saat meninjau vaksinasi di Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya.

"Sidoarjo mau masuk level dua, saat ini tingkat vaksinasi tahap pertama masih 49,45 persen, menurut inmendagri capaian vaksinasi tahap pertama harus 50 persen untuk bisa berubah menjadi level dua," ujarnya.

Saat ini upaya percepatan vaksinasi mendapat dukungan semua pihak. Salah satunya dari Pemkot Surabaya dan Polrestabes Surabaya dengan bantuan 22 mobil gerai vaksin keliling kepada Kabupaten Sidoarjo.

"Alhamdulillah kita juga mendapatkan bantuan mobil vaksin, ini kita bagi ketiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, minimal setiap kecamatan 1.500 dosis vaksin diberikan," ucap Subandi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis

Sebelum meninjau vaksinasi di Unsuri, Subandi mengecek pelaksanaan vaksinasi di kantor balai desa Pepe kecamatan Sedati. Vaksinasi di desa Pepe diikuti 1.200 orang. Antusias masyarakat Sidoarjo mengikuti vaksinasi itu akan mempercepat capaian cakupan 70 persen.

Mantan anggota DPRD Sidoarjo yang pernah menjabat Ketua Komisi A itu optimis Sidoarjo bisa turun ke level satu.

"Kalau melihat perkembangan vaksinasi sekarang kita optimis Sidoarjo sebentar lagi masuk pada level dua. Bahkan menjadi level satu," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.