1.785 CPNS Banyuwangi Seleksi Kompetensi, Ini Pesan Bupati Ipuk

Oleh Dian Kurniawan pada 20 Sep 2021, 21:16 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 21:16 WIB
Seleksi kompetensi CPNS Banyuwangi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Perbesar
Seleksi kompetensi CPNS Banyuwangi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 1.785 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani seleksi kompetensi di Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Banyuwangi

Mereka terdiri atas 1.537 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 248 peserta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk CPNS melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan mulai 20 hingga 27 September. Sementara  PPPK Non Guru menjalani seleksi kompetensi yang dilaksanakan, mulai 28 hingga 29 September. 

"Saya ingin memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar. Apalagi semalam akses internet dari salah satu operator telekomunikasi sempat down," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani usia meninjau pelaksanaan ujian kompetensi tersebut, Senin (20/9/2021).

Ujian dilaksanakan secara online menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Keluarga peserta maupun masyarakat umum bisa melihat langsung nilai ujian melalui live streaming youtube Badan Kepegawaian Nasional (BKN). 

"Ujian dilaksanakan berbasis komputer dengan pelaksanaan yang transparan. Nilainya juga bisa dilihat karena ditayangkan langsung, sehingga benar-benar terbuka. Jadi jangan percaya apabila ada pihak yang menyatakan bisa menjamin diterima menjadi ASN, jangan tertipu, karena tidak ada yang bisa mengintervensi," jelas Ipuk. 

Dia juga mengingatkan agar peserta tetap menjaga kesehatan dan terus menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap jaga kesehatan dan semoga sukses," kata Ipuk.

Pemkab Banyuwangi menyiapkan 100 komputer untuk pelaksanaan CAT. Pelaksanaan CAT digelar tiap hari mulai 20 hingga 29 September. Tiap hari ujian diikuti sekitar 200 orang yang dibagi menjadi tiga sesi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berbeda dengan Sebelum Pandemi

Kepala BKPP Banyuwangi Nafiul Huda menambahkan, pelaksanaan tahun ini berbeda dengan pelaksanaan ujian CPNS sebelum pandemi Covid-19. Apabila sebelumnya BKPP menyediakan big screen agar keluarga peserta atau masyarakat umum bisa melihat langsung nilai CAT, kini akses melihat nilai dilakukan melalui live streaming youtube Official Kanreg II BKN  https://youtu.be/ qG9Pg7un1V4

"Untuk menghindari kerumunan, nilai ujian bisa langsung dilihat melalui live streaming," kata Huda. 

Selama pelaksanaan ujian peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan sarung tangan. Sebelum mengikuti ujian peserta juga wajib menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 melalui swab PCR atau antigen, yang juga telah difasilitasi Pemkab Banyuwangi.

"Peserta juga wajib membawa perlengkapan alat tulis sendiri," kata Huda. Huda menjelaskan tahun ini Pemkab Banyuwangi menerima formasi 156 CPNS, dan 157 PPPK Non Guru. Selain 1785 peserta yang mengikuti ujian di Banyuwangi, juga terdapat 108 peserta yang terdiri dari 100 CPNS dan 8 PPPK Non Guru mengikuti ujian di luar Banyuwangi. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya