Puting Beliung Terjang Banyuwangi, Puluhan Rumah Warga Rusak

Oleh Liputan6.com pada 20 Sep 2021, 06:06 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 06:06 WIB
Ilustrasi - Hujan lebat disertai puting beliung di Wangon, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/BPBD BMS/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi - Hujan lebat disertai puting beliung di Wangon, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/BPBD BMS/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Banyuwangi - Puluhan rumah warga Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Gambiran, Banyuwangi rusak diterjang angin puting beliung.

Dikutip dari TimesIndonesia, angin kencang terjadi pada Minggu dinihari (19/8/2021) sekira pukul 03.00 WIB. Angin puting beliung itu menerjang sedikitnya 36 rumah warga.

Kapolsek Gambiran, AKP Suryono Bakti mengatakan, kerusakan berada di RT 1 dan RT 2, RW 2 Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran.

"Memang benar ada angin puting beliung di wilayah Desa Wringinagung. 36 rumah rusak parah hingga sedang," ujar AKP Suryono, Minggu (19/9/2021).

Menurut keterangan saksi mata, angin tiba-tiba datang dengan kencang. Warga kaget dan mencoba keluar rumah, karena suara angin sangat kencang mirip helikoper yang akan mendarat.

"Sebagian masih tidur. Sebagian lagi keluar rumah. Tidak ada korban jiwa. Hanya beberapa saja yang luka lecet karena panik keluar rumah," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Evakuasi

Usai kejadian, aparat gabungan dari TNI, Polri dan BPBD serta beberapa relawan langsung melakukan evakuasi dan membersihkan puing-puing bangunan.

"Estimasi kerugian sekitar 130 juta. Kebanyakan dapur roboh karena terbuat dari kayu. Selain itu atap rumah banyak yang terbang," jelasnya.

Pemerintah Desa setempat telah menyiapkan dapur umum masing-masing RT yang terdampak angin puting beliung, guna menunjang warga yang ikut gotong royong pembersihan serta pembenahan rumah

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya