Sukses

Tuban Masuk PPKM Level 1, Bupati Minta Tetap Jaga Prokes

Tiga wilayah di Jawa Timur yakni Kabupaten Tuban, Lamongan, dan Pasuruhan masuk dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 berdasarkan hasil asesmen situasi Covid-19 dari Kemenkes RI.

Liputan6.com, Tuban - Tiga wilayah di Jawa Timur yakni Kabupaten Tuban, Lamongan, dan Pasuruhan masuk dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 berdasarkan hasil asesmen situasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 9 September 2021. Situasi menggembirakan ini disambut baik oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky.

“Alhamdulillah, Kabupaten Tuban sudah level 1,” ungkap Mas Bupati Halindra panggilan akrab Aditya Halindra Faridzky, Sabtu (11/9/2021).

Meskipun bertengger di level 1, Mas Bupati meminta seluruh elemen masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan lainnya. Hal itu sangat perlu guna menekan laju penyebaran kasus Covid-19 di wilayah Tuban.

"Saya tetap berpesan kepada semua pihak agar terus disiplin dalam menjalankan 5 M, dan melakukan vaksinasi bagi yang belum," jelas Aditya Halindra Faridzky yang juga Ketua DPD Partai Golkar Tuban.

Hal sama juga disampaikan Kapolres Tuban AKBP Darman. Ia menyampaikan Tuban berhasil di level 1 ini merupakan hasil kerja keras semua pihak termasuk kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sudah baik. Namun, begitu masyarakat tetap diminta waspada disiplin dalam prokes.

“Alhamdulillah Tuban level 1, artinya pelaksanaan vaksinasi kita maksimal dan masyarakat taat prokes. Prokes ini sangat penting dalam mencegah Covid-19,” ungkap Kapolres Tuban AKBP Darman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Galakkan Prokes

Meskipun begitu, Kapolres Tuban menyampaikan anggota TNI-Polri akan terus melakukan kegiatan pendisiplinan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19. Serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap disiplin prokes dimanapun berada.

“Kita akan terus memberikan imbauan prokes,” tegas Wakil Ketua Satgas Covid-19 Tuban itu.

Ketaatan masyarakat dalam mematuhi prokes juga berbuah manis pada grafik angka penyebaran Covid-19 di Tuban yang kian menurun di bandingkan beberapa Minggu lalu. Hal tersebut disampaikan dr. Bambang Priyo Utomo, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban.

“Hari ini confirm baru ada 3 orang dan sembuh bertambah 7 orang, dan meninggal nihil,” tambah dr. Bambang panggilan akrab Kepala Dinkes Tuban.

Lebih lanjut, dr. Bambang menjelaskan dari penambahan itu maka jumlah kumulatif angka kasus Covid-19 di Tuban mencapai 7267 orang. Dengan rincian pasien sembuh 6309 orang dan meninggal 919 orang.

“Pasien yang dirawat ada 8 orang dan menjalani isolasi terpadu (isoter) 31 orang,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.