Sukses

Tetap Berkarya Saat Pandemi, Musisi Diminta Digitalisasi Musik

Pihaknya meyakini para musisi dan pelaku ekosistem musik tidak pernah mengenal pembatasan karena imajinasi mereka melewati batas.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong musisi melakukan digitalisasi musik di masa pandemi COVID-19. Hal itu dilakukan sebagai langkah alternatif bagi para musisi untuk tetap berkarya di tengah berbagai pembatasan.

"Saat ini keadaan memang sulit karena kita masih ada di situasi pandemi COVID-19, tetapi jangan membuat pelaku ekonomi kreatif di bidang musik surut berkarya melainkan semakin melek terhadap dunia digital yang di dalamnya terdapat digitalisasi musik," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/2021).

Sandiaga mengatakan, pandemi COVID-19 banyak mendatangkan imbas, salah satunya dari sisi akselerasi transformasi digital bagi semua pelaku ekonomi kreatif. Karena itu, semua dituntut untuk dapat melek dunia digital, termasuk industri musik.

Pihaknya meyakini para musisi dan pelaku ekosistem musik tidak pernah mengenal pembatasan karena imajinasi mereka melewati batas.

"PPKM tidak akan membuat mereka surut dalam berkarya, khususnya pada sektor musik," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, kunci dalam menghadapi perubahan besar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akibat pandemi COVID-19 adalah dengan mengimplementasikan tiga aspek, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Platform Digital

Aspek inovasi, kata dia, dengan memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk kreatifnya, sehingga layanan yang diberikan akan lebih maksimal.

Aspek adaptasi, yakni menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di era kenormalan baru. Sedangkan aspek kolaborasi yakni bekerja sama dengan seluruh unsur pentahelix, sehingga pemulihan dan kebangkitan di sektor parekraf dapat segera terwujud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.