Sukses

Desa Sekapuk Gresik Kembali Sabet Penghargaan Desa Wisata Terbaik

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim mengaku bersyukur atas apresiasi Kemenparekraf dan merupakan prestasi membanggakan di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Gresik Tempat pariwisata yang dikelola perangkat desa sedang menjamur di berbagai tempat. Salah satunya, tempat pariwisata di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Desa Sekapuk, Gresik ini masuk dalam 300 desa terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), menyisihkan 1.831 desa se-Indonesia di 34 provinsi.

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim dikonfirmasi di Gresik, Jumat (20/8/2021), mengaku bersyukur atas apresiasi Kemenparekraf dan merupakan prestasi membanggakan di tengah pandemi COVID-19, setelah sebelumnya menyabet Juara 1 Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021, dilansir dari Antara.

"Alhamdulillah, Wisata Desa Sekapuk masuk dalam 300 Besar Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Semoga lolos grand final dan jadi juara," kata Abdul Halim atau biasa disapa Ki Begawan Setigi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Gresik H. Sinaga mengapresiasi lolosnya Desa Sekapuk dan berharap menjadi awal kejayaan kepariwisataan Kabupaten Gresik.

Sinaga bertekad akan lebih semangat mengembangkan wilayah desa yang tersebar di Gresik menjadi desa wisata, sehingga bisa berdampak terhadap kesejahteraan warganya.

"Kreatif, inovatif, guyub rukun dan gotong royong menjadi salah satu modal awal untuk menghadirkan desa wisata," kata Sinaga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Best Of The Best

Sementara itu, kata Sinaga, ada tiga desa di Kabupaten Gresik yang lolos best of the best 300 besar di ajang ADWI 2021, masing-masing Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah, dan Desa/Kelurahan Sidokumpul Kampung Kreasi.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, ADWI 2021 bertujuan mewujudkan desa wisata yang berdaya saing, berkelanjutan dan berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit.

Sedangkan desa yang terpilih didapat setelah melewati serangkaian tahap kurasi dan penilaian dari dewan kurator.

"Tetap semangat bagi yang belum terpilih, jangan berhenti berinovasi dan tingkatkan kolaborasi," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.