Sukses

Tingkatkan Angka Kesembuhan Covid-19, Pasien OTG di Tuban Diminta Isolasi Terpadu

Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban meminta kepada pasien tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG) untuk menjalani isolasi terpadu.

Liputan6.com, Tuban - Satgas penanganan Covid-19 Tuban meminta pasien tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG) untuk menjalani isolasi terpadu (Isoter) yang telah disediakan Pemkab dan masing-masing pemerintah desa. Isoter menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Tuban.

“Kita juga berharap dengan hal itu angka kesembuhan dari Covid-19 semakin meningkat,” ujar Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, Kamis, (19/8/2021).

Menurutnya, Pemkab Tuban juga telah mengoptimalkan fasilitas karantina di tempat isolasi terpadu untuk menampung pasien Covid-19 tanpa gejala. Kebijakan tersebut bisa membantu Satgas Covid-19 dalam pengawasan dan penanganan pasien terpapar virus corona.

Lalu, kegiatan gelar apel gabungan dalam rangka pemindahan pasien dari Isolasi mandiri (Isoman) ke Isolasi Terpusat (isoter) juga telah dilaksanakan di Mako Kodim 0811 Tuban, Rabu (18/8/2021).

“Pemindahan nantinya akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban yang terdiri dari Aparat Gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinkes,” ungkap Dandim 0811 Tuban.

Menurutnya, pemindahan warga Isoman ke lokasi Isoter merupakan tindak lanjut dari arahan langsung Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Arahan tersebut ditujukan kepada seluruh jajaran Satgas Covid-19 Kabupaten/Kota se-Jatim melalui rapat evaluasi kemarin, tentang pelaksanaan PPKM di Provinsi Jawa Timur.

Dandim 0811 Tuban menambahkan bahwa, untuk Tracing dan Testing agar terus di gencarkan. Sehingga ketika terdapat warga yang terpapar, segera dilakukan Tracing dan Testing, ketika keluar hasilnya dengan terpapar Covid-19, maka langsung dibawa ke lokasi Isoter.

“Meskipun warga tersebut statusnya OTG (Orang Tanpa Gejala),” ungkap Dandim 0811 Tuban.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putus Penyebaran Covid-19

Kapolres Tuban AKBP Darman menyampaikan, penjemputan warga isolasi mandiri dil akukan guna menekan angka penyebaran dari Virus Corona (Covid-19) dan mengurangi jumlah pasien Covid–19 di Kabupaten Tuban.

“Berdasarkan hasil evaluasi, Isolasi Mandiri (Isoman) tidak berdampak yang signifikan dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah Tuban. Dengan adanya pelaksanaan Isolasi Terpusat (Isoter) ini, harapannya pasien bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik,” ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.