Sukses

Edukasi Orangtua untuk Tahap Kembang Anak Abdimas Ubhara Jaya

Peran orang tua dalam pengasuhan mutlak diperlukan dan penting untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.

Liputan6.com, Jakarta - Peran orangtua dalam pengasuhan mutlak diperlukan dan penting untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.

Demikian disampaikan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) pada pelatihan "Caring And Observing".

Tim ini terdiri dari Yuarini Wahyu Pertiwi, Hema Dayita Pohan dan Erik Saut H Hutahaean.

Hema Dayita menyatakan, hasil temuan riset yang dilakukan pihaknya kepada 103 orangtua, bahwa dalam pengasuhan, para orangtua memiliki kepedulian terhadap anaknya yang diwujudkan dalam bahasa cinta.

"Bahasa cinta adalah suatu konsep sudut pandang terhadap kebutuhan orangtua dan anak dalam menjalin interaksi yang baik,” jelas Hema, Senin (3/8/2021).

Dia menambahkan, penelitian tersebut membuktikan bahwa wujud kepedulian orangtua ataupun kebutuhan anak berbeda-beda ditinjau dari bahasa cinta yang ditampilkan.

Tim lain, yang sama-sama dosen pada Fakultas Psikologi Ubhara Jaya, Yuarini menambahkan bahwa ada beberapa urutan yang bisa dilakukan dalam menerapkan bahasa cinta tersebut. Ia menyebut setidaknya ada 5 jenis pengaplikasian bahasa cinta yang bisa diberikan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahasa Cinta

“Bahasa cinta dengan urutan terbanyak diberikan para subyek penelitian kepada anaknya yaitu dengan cara physical touch, word of affirmation, quality time, receiving gifts, act of service,” ujarnya.

Abdimas dengan pelatihan caring dan observing tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada orangtua tentang tahapan perkembangan anak dan pengasuhan yang tepat dengan menjadi pribadi yang memiliki aspek peduli (caring) dan aspek mengamati (observing).

Abdimas tersebut bekerjasama dengan RPTRA Malaka Sari dilakukan secara daring melalui video conference dengan narasumber dibantu sebagai fasilitator Tiara Anggita Perdini, Ryan Bastoro, Tiara Rahmasari, dan Rizky Amalia PP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.