Jatah Vaksin Moderna untuk Nakes di Malang 11.934 Dosis, Tiba 25 Dosis untuk Simbolis

Oleh Zainul Arifin pada 03 Agu 2021, 08:14 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 08:14 WIB
Vaksin COVID-19 Moderna
Perbesar
Dalam perpanjangan kerja sama yang dilakukan pada Jumat (4/12/2020), Moderna Inc sepakat menambah 4 juta dosis vaksin COVID-19 untuk Israel.(AFP/Joel Saget)

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang mendapat jatah 11.934 dosis Vaksin Covid-19 Moderna untuk vaksinasi dosis ketiga bagi nakes. Dari jumlah itu, baru 25 dosis yang sudah tiba dan diberikan sebagai simbolis kepada nakes pada Senin (2/8/2021).

Simbolis pemberian Vaksin Moderna untuk nakes di Kota Malang digelar di dua perguruan tinggi di kota itu. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa hadir dalam kegiatan itu. Penanda vaksinasi dosis ketiga di provinsi ini akan segera dilakukan secara serentak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, mengatakan telah menerima surat pemberitahuan jatah Vaksin Moderna untuk nakes di kota ini. Secara keseluruhan total kuota yang akan diberikan adalah sebanyak 11.934 dosis.

“Baru 25 dosis yang tiba dan sudah diberikan ke nakes sebagai simbolis, Itu sebabnya gubernur bilang pecah telur,” kata Husnul di Malang, Senin, 2 Agustus 2021.

Meski telah mendapat pemberitahuan jatah yang akan diterima, Husnul tidak dapat memastikan kapan seluruh Vaksin Moderna akan tiba di Kota Malang. Nantinya begitu tiba, vaksinasi dosis ketiga untuk nakes segera dilaksanakan.

“Kami belum tahu kapan tiba di Malang, semoga bisa secepatnya,” ucap Husnul.

Syarat nakes untuk bisa dapat menerima suntikan ketiga itu harus mereka yang sebelumnya sudah mendapat vaksin penuh atau telah disuntik dosis pertama dan kedua. Serta berjarak minimal tiga bulan usai mendapat dosis penuh.

“Jatah dosis vaksin itu seluruhnya untuk nakes. Saya tidak hafal berapa nakes yang sudah menerima dosis penuh,” tutur Husnul.

Seperti diketahui, pemerintah pusat menetapkan Vaksin Moderna hanya diperuntukkan bagi nakes saja. Sebab sebagai garda depan melawan Covid-19, nakes butuh daya tahan lebih meski sebelumnya sudah menerima dua kali dosis vaksin Sinovac.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Target Vaksinasi di Malang

Pemerintah Kota Malang sendiri punya target 654.692 warga yang akan menerima vaksinasi Covid-19 dosis penuh atau dua kali suntikan. Jumlah itu setara 70 persen dari total populasi penduduk, sebagai syarat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pemkot menyebut sampai dengan akhir Juli telah menerima sebanyak 421.390 dosis vaksin yang digunakan baik dosis pertama dan kedua. Realisasinya mencapai 58,2 persen atau yang sudah digunakan ada sebanyak 381.224 dosis baik untuk dosis pertama dan kedua.

“Kami berusaha mempercepat vaksinasi ini dengan melibatkan banyak pihak,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji akhir pekan lalu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya