4 Manfaat Nyamplung, Pohon yang Jadi Identitas Kota Surabaya

Oleh Liputan6.com pada 01 Agu 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 19:30 WIB
(Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Perbesar
Tugu Pahlawan Merah Putih di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tidak banyak orang yang tahu pohon yang menjadi indentitas Kota Surabaya. Padahal sudah lebih dari 10 tahun lalu ditetapkan pohon nyamplung jadi identitas di Surabaya.

Dulu, pohon nyamplung banyak ditanam masyarakat maupun tumbuh liar di pinggir jalan dan kebun atau lahan terbuka lainnya. Pohon nyamplung memang sangat cocok dengan kondisi tanah di Kota Surabaya yang sedikit asin dan payau.

Nyamplung, tamanu, atau Calophylum inophyllum adalah pohon yang umumnya hidup di pesisir yang berpasir dan berbatu karang. Rupanya pohon ini memiliki segudang manfaat untuk kecantikan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 manfaat tanaman nyamplung untuk kecantikan.

1. Pelembab kulit

Manfaat minyak nyamplung yang pertama, berasal dari kandungan asam lemak yang tinggi di dalamnya. Minyak nyamplung bisa dengan mudah terserap oleh kulit dan membuat kulit menjadi lebih kenyal serta tidak mudah kering. Bahkan banyak yang percaya jika mampu meregenerasi sel kulit yang telah rusak.

2. Memudarkan bekas luka

Manfaat minyak nyamplung biasa digunakan untuk penyembuhan luka dan menyembuhkan berbagai masalah serta penyakit kulit. Sebab kandungan dalam minyak alami tersebut mampu mengurangi peradangan dan akan merangsang pembentukan kolagen yang dapat memicu pertumbuhan jaringan kulit baru.

3. Menyamarkan mata panda

Kandungan fatty acids atau asam lemak yang tinggi dalam minyak nyamplung, menjadikan minyak esensial ini cocok digunakan pada bagian-bagian kulit yang tipis, salah satunya bagian lingkaran bawah mata supaya lebih lembab.

4. Menyemarkan stretch marks

Salah satu penyebab timbulnya stretch marks adalah kulit yang meregang setelah berkurang atau bertambahnya berat badan. Nah, minyak nyamplung dipercaya dalam mengurangi kemunculan stretch marks.

Penggunaan secara rutin diketahui efektif untuk mencegah dan mengurangi stretch marks di kulit. Minyak nyamplung dianggap aman bila digunakan secara topikal (pemakaian luar). Meskipun demikian, sama seperti minyak pada umumnya, minyak yang berasal dari pohon di Surabaya ini juga dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Sehingga segera hentikan pemakaian apabila terjadi reaksi alergi. Selamat mencoba!

(Tifani)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya