12 Ribu Relawan Siap Bantu Kota Malang Atas Penyebaran Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 29 Jul 2021, 23:11 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 23:11 WIB
Percepat Capaian Vaksinasi di Malang Sasar Aktivis OKP sampai Mahasiswa Rantau
Perbesar
Komunitas masyarakat dan relawan di Kota Malang menggelar vaksinasi Covd-19 menyasar para aktivis kepemudaan, organisasi masyarakat sampai mahasiswa rantau (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan 12 ribu relawan untuk mendukung penanggulangan COVID-19.

"Kami sudah berbicara dengan Kementerian Kesehatan, Kota Malang akan ada kurang lebih 12 ribu orang relawan," katanya, Kamis (29/7/2021) dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, para relawan akan ditugaskan untuk membantu penanggulangan COVID-19 di tingkat lingkungan rukun tetangga (RT). 

Nantinya, pemerintah kota akan menugaskan tiga relawan di setiap lingkungan RT untuk memantau serta mendata mobilitas warga.

"Pada tiap RT, akan ada tiga orang relawan. Mereka bertugas untuk mendata, menilai, dan memantau mobilitas masyarakat, termasuk juga kebutuhan kesehatan, itu terpantau," katanya.

Para relawan juga diharapkan membantu mengedukasi warga mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Kota Malang

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kasus 10.609 Orang

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 4.226 lingkungan RT yang tersebar di 57 kelurahan di lima kecamatan di wilayah Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang masih melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk mengendalikan penularan COVID-19. 

Menurut data pemerintah, jumlah akumulatif warga yang terserang COVID-19 di Kota Malang sebanyak 10.609 orang dengan perincian 6.826 orang telah sembuh, 761 orang meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya