Sukses

Tingkat Keterisian RS di Jatim Menurun, Khofifah: Harus Tetap Waspada

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, berdasarkan data, hingga Minggu (25/7/2021) pukul 16.00 WIB, tingkat keterisian tempat tidur pada fasilitas layanan kesehatan penanganan COVID-19 sudah menurun.

Khofifah menjelaskan untuk keterisian ruang Intensive Care Unit (ICU) saat ini sudah berada pada angka 82 persen, sementara untuk ruang isolasi untuk merawat pasien konfirmasi positif COVID-19 sebesar 77 persen.

Kemudian, untuk kategori ketersediaan ruang isolasi di rumah karantina, tingkat keterisian saat ini sebesar 52 persen, dan pada rumah sakit darurat yang dipersiapkan untuk pasien COVID-19 sebesar 56 persen.

Ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada meskipun tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jawa Timur sudah mulai turun. Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Harus tetap waspada, jangan berpikir BOR sudah menurun, melandai, lalu kita longgar, tidak," katanya dikutip dari Antara, Senin (26/7/2021).

Khofifah meminta masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19, dalam upaya untuk menciptakan kekebalan kelompok dari virus corona. Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengiriman Vaksin

Khofifah menambahkan tambahan pasokan vaksin di Jawa Timur saat ini terus dikirimkan oleh pemerintah pusat. Pada tiap pekannya, pengiriman vaksin untuk Provinsi Jawa Timur dilakukan dua kali.

"Vaksin datang sepekan dua kali, itu langsung kita distribusikan. Arahan babak Presiden saat vaksin tersedia, segera dihabiskan. Stok dari pusat itu tersedia dan jadwal (pengiriman) sudah ditentukan," katanya.

Di Provinsi Jawa Timur, secara keseluruhan ada 277.104 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 205.238 orang dilaporkan telah sembuh, 18.513 dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.