Sukses

Pemprov Jatim Buka Layanan Isi Oksigen Gratis di Malan, di Sini Tempatnya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, depo pengisian oksigen gratis tersebut bisa dimanfaatkan oleh pasien positif yang menjalani isolasi mandiri maupun isolasi terpusat.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka depo pengisian oksigen tabung gratis di Kantor Badan Koordinasi Wilayah Pemerintah dan Pembangunan (Bakorwil) III Malang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, depo pengisian oksigen gratis tersebut bisa dimanfaatkan oleh pasien positif yang menjalani isolasi mandiri maupun isolasi terpusat.

"Untuk pasien yang isolasi terpusat, belum tentu mereka punya silinder atau tabung oksigen. Pada dasarnya, kami punya stok dan mencukupi. Hanya model distribusinya yang harus kita siapkan," katanya, Senin (26/7/2021), dikutip dari Antara.

Khofifah menjelaskan stok oksigen untuk memenuhi kebutuhan para pasien terkonfirmasi positif COVID-19 kini dalam keadaan aman. Namun, ia mengakui bahwa untuk memenuhi kebutuhan pasien, harus saling proaktif.

Ke depannya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga berencana menambah depo pengisian oksigen gratis di wilayah lain. Hal tersebut bertujuan memberikan pasokan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kami masih memiliki stok yang cukup besar untuk didistribusikan secara gratis kepada masyarakat. Untuk di tempat lain, selama ada operatornya, kami akan menyiapkan tempat isi ulang gratis di banyak tempat lagi," ujarnya.

Khofifah menambahkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga berencana mendatangkan Iso Tank ke depo pengisian oksigen gratis di Malang. Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangki yang memiliki ukuran tertentu dan dipergunakan untuk memuat kargo cair dan gas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Rumah Sakit

"Jadi, jika ada iso tank 20 ton, yang diisi bukan hanya yang satu meter kubik saja, tapi, enam meter kubik juga bisa. Ada tiga iso tank yang akan didatangkan," katanya.

Dengan adanya iso tank tersebut, lanjutnya, juga diharapkan bisa membantu rumah sakit yang ada di wilayah Malang Raya yang membutuhkan pasokan oksigen. Kebutuhan oksigen untuk rumah sakit, mayoritas menggunakan tabung ukuran besar.

"Untuk silinder enam meter kubik, ini untuk layanan rumah sakit, silahkan. Saya rasa kami juga bisa tempatkan di sini untuk (iso tank) 20 ton," kata Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.