TNI AL Turun Tangan Percepat Vaksinasi Covid-19 di Sidoarjo

Oleh Liputan6.com pada 22 Jul 2021, 10:10 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 10:10 WIB
vaksinasi anak di gerai TNI Kodim 1306 Donggala
Perbesar
Vaksinasi anak di gerai TNI Kodim 1306 Donggala, 14 Juli, 2021. (Foto: Heri Susanto/ Liputan6.com).

Liputan6.com, Sidoarjo - Masyarakat maritim di sekitar Bandara Internasional Juanda Surabaya mendapat bantuan percepatan vaksinasi COVID-19 dari Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal)

Target vaksinasi COVID-19 ini, menurut Komandan Pusat Penerbangan TNI Angakatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Edwin, menyasar masyarakat sekitar wilayah Juanda Sidoarjo dan para penumpang di bandara setempat. 

"Vaksinator pada pelaksanaan vaksinasi ini dari Rumkital dr Soekantyo Jahja Lanudal Juanda," katanya di sela kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Rabu, 21 Juli 2021, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan Puspenerbal membantu pemerintah dengan menggelar kembali serbuan vaksinasi di wilayah Juanda Sidoarjo pada hari Rabu, Kamis dan Jumat.

"Ditargetkan sebanyak 1.000 vaksinasi per harinya," ujarnya.

Menurut dia, Serbuan Vaksinasi COVID-19 yang digelar kembali oleh TNI AL melalui Lanudal Juanda Puspenerbal ini menggunakan Vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang pelaksanaannya bertempat di wilayah kerja Puspenerbal yaitu di Terminal Bandara Udara T2 Juanda Sidoarjo.

 

Antusias Masyarakat

vaksinasi Covid-19
Perbesar
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi berbincang dengan beberapa anak yang mengikuti vaksinasi Covid-19. (sumber: Pemkot Jogja).

Pelaksanaan vaksinasi ini, kata dia, telah melalui beberapa tahapan, seperti pendaftaran peserta, pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh, input data sekaligus registrasi, skrining, peserta menerima suntikan vaksin COVID-19, dilanjutkan dengan observasi kurang lebih 15-30 menit dan terakhir pencetakan sertifikat vaksin.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini merupakan program pemerintah dan juga perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membantu mempercepat dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan, serbuan vaksin ini sangat bermanfaat bagi masyarakat atau pemangku kepentingan di sekitar Bandar Udara Internasional T2 Juanda.

Ia menjelaskan masyarakat sangat antusias hadir untuk di vaksin, tampak bahwa masyarakat mulai sadar bahwa vaksin COVID-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap warga negara di pandemi COVID-19.

"Dari hari pertama serbuan vaksinasi, Puspenerbal telah memvaksin masyarakat sekitar Juanda mencapai 8.463 orang yang telah disuntik vaksin COVID-19," katanya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓