Sukses

Siapa Unggah Poster untuk Tidak Sebar dan Unggah Berita Covid 19 di Jatim?

Gatot mengaku belum bisa menyimpulkan motif menyebarnya poster-poster tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyatakan, pihaknya tengah mengusut poster di media sosial soal ajakan menghentikan berita dan informasi terkait COVID-19.

"Sedang didalami Satgas Gakkum Aman Nusa II Polda Jatim," katanya, Kamis (15/7/2021).

Sebelumnya, Putri sulung Presiden-4 Indonesia Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid mengunggah gambar di Twitter pribadinya @AlissaWahid, Selasa (13/7/2021), berisi poster yang beredar di media sosial kalau warga di Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Sumenep supaya tidak menyebar dan mengunggah berita tentang COVID-19. 

Adanya poster itu, Alissa lantas mencuitkan di Twitter, "Saat berkendara di jalan raya lalu ada kendaraan ugal2an bergerak dg kecepatan tinggi di belakang saya ke arah saya, apakah menutup mata saya akan membuat bahaya berkurang karena saya tidak melihatnya?". 

Gatot mengaku belum bisa menyimpulkan motif menyebarnya poster-poster tersebut. Yang jelas, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim. 

"Saya masih nunggu konfirm dari Kominfo," ucap Gatot. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Kominfo Jatim

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) yang terdapat poster ajakan setop berita COVID-19 dan hasilnya, poster-poster itu bukan buatan pemkab. 

"Mengonfirmasi langsung bahwa informasi tersebut tidak benar. Pemkab tidak pernah menyebarkan atau menginstruksikan informasi tersebut. Selama ini masyarakat antusias menunggu update informasi yang berkaitan dengan COVID-19," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.