Polda Jatim Bentuk Satgas Penegakan Hukum PPKM Darurat, Begini Tugasnya

Oleh Dian Kurniawan pada 07 Jul 2021, 09:06 WIB
Diperbarui 07 Jul 2021, 09:06 WIB
Penyekatan pengendara saat PPKM Darurat di Jatim. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Perbesar
Penyekatan pengendara saat PPKM Darurat di Jatim. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jatim menerjunkan Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) dalam Operasi Aman Nusa II di hari keempat pelaksanaan PPKM darurat.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, Satgas Gakkum personelnya terdiri dari Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba.

"Tugasnya adalah memantau atau melakukan pemeriksaan terhadap dugaan adanya surat-surat keluar masuk wilayah yang diduga ilegal," kata Gatot Repli Handoko, di Bundaran Warung sisi Surabaya, Selasa (6/7/2021).

Gatot menambahkan, untuk pemeriksaan kendaraan dari luar kota dilakukan secara acak dan random di pos cek poin. Untuk pengendara yang tidak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19 di luar nopol L dan W diputar balik.

"Untuk surat bebas Covid-19 ilegal belum ditemukan. Seluruh Satgas Gakkum Polda dan Polres jajaran yang tergabung dalam aman nusa lanjutan ini tetap melaksanakan tugasnya," tegasnya.

Alumnus Akpol 1991 ini menjelaskan, Polda Jatim dan jajaran juga terus melakukan pengawasan terkait maraknya informasi kelangkaan oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cek Tabung Oksigen

"Polres jajaran saat ini terus cek distribusi oksigen. Apabila ditemukan adanya penyimpangan, penyelewengan akan ditindak," ungkapnya.

Pamen dengan tiga melati di pundaknya ini menyatakan, telah menerima hasil pengecekan polres-polres. Selain itu, juga sudah menerima laporan dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jatim.

"Sampai sekarang mencukupi. Kita belum tahu nanti ke depan. Akan kami awasi terus," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya