Sukses

Emil Dardak Ajak Penyintas Covid-19 Sidoarjo Donor Darah Konvalesen

UTD PMI Kabupaten Sidoarjo berkontribusi penuh dalam penangan kebutuhan Darah Plasma konvalesen di Jawa Timur

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak warga Sidoarjo donor darah plasma konvalensen guna membantu sesama melawan Covid-19.

“Kebetulan saya datang, terdapat tiga pendonor penyintas Covid-19 donor darah plasma konvalensen. Dengan tiga mesin yang dimiliki dapat mencapai 30 pendonor setiap harinya. Dan akan ada penambahan satu mesin agar dapat mencapai 40 pendonor setiap harinya," ujar Emil saat melihat fasilitas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sidoarjo, Minggu (4/7/2021).

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor menambahkan, UTD PMI Sidoarjo lebih banyak menyalurkan kantong darah ke daerah lain, di Sidoarjo hanya 33 persen kantong darah.

“UTD PMI Sidoarjo lebih banyak menyalurkan lebih banyak dinikmati ke daerah lain, Sidoarjo hanya 33 persen saja, selebihnya mengcover jaringan PMI ke daerah lain," ucapnya.

Gus Muhdlor memastikan pendonor di Sidoarjo mencukupi, pada dua minggu yang lalu juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa industrial besar, ormas untuk membantu mendonorkan darahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antrean Menunggu Donor

Sekedar diketahui, UTD PMI Kabupaten Sidoarjo berkontribusi penuh dalam penangan kebutuhan Darah Plasma konvalesen di Jawa Timur, pada hari ini tecatat antrean sebanyak 251 pasien Covid-19 menunggu donor plasma konvalesen.

Kebutuhan donor darah plasma konvalesen yang datang ke Sidoarjo, bukan hanya di Sidoarjo saja, hampir 60 persen lebih membantu pasien-pasien di luar Sidoarjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.