VIDEO: Ribuan Liter Disinfektan Disemprotkan dari Pesawat Casa dan Helicopter TNI AL

Oleh Yusron Fahmi pada 01 Jul 2021, 10:55 WIB
Diperbarui 01 Jul 2021, 10:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta Pesawat milik TNI Angkatan Laut terbang rendah untuk menyemprotkan ribuan cairan disinfektan di wilayah Kabupaten Bangkalan, dan Kota Surabaya yang masuk zona oranye Covid-19.

Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan menggunakan pesawat cassa dengan pilot Kapten Candra Wira dan Co-pilot Letda Zaki. Cairan disinfektan 25 liter dituang ke dalam dua tong besar di atas pesawat kemudian disemprotkan ke udara.

Wilayah yang menjadi sasaran penyemprotan adalah wilayah Kabupaten Bangkalan, yang angka penularan Covid-19nya tinggi. Sementara di Kota Surabaya, penyemprotan difokuskan di atas Gedung Negara Grahadi, Jalan Pahlawan, Jalan Indrapura, RSUD Dr Soetomo dan Asrama Haji.

Pesawat terbang di ketinggian 500 hingga 1.000 kaki agar penyemprotan tepat sasaran. Penyemprotan ini dilakukan 3 hari, dengan jumlah cairan disinfektan rata-rata 5.000 liter per hari. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (30/6/2021).

“TNI Angkatan Laut melalui Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut, Wing Udara 2 melaksanakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan, yang sudah dilaksanakan mulai hari Sabtu (26/6) dilanjutkan dengan kemarin dan juga hari ini, setiap harinya ada 5.000 liter disinfektan yang disemprotkan dari udara melalui pesud NC 212-200 Cassa Aviocar dan juga hari ini diperkuat oleh satu unsur helicopter panther,” terang Kol Laut (P) M. Tohir, Komandan Pangkalan Udara TNI AL Juanda.

Selain menggunakan pesawat terbang, TNI AL juga mengerahkan helicopter untuk mempercepat penyemprotan dari udara.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya