Sukses

7 Wisata Kuliner Pagi di Surabaya yang Terkenal Enak, Bikin Sarapan Makin Nikmat

Wisata kuliner pagi di Surabaya bisa menjadi pilihan untuk sarapan yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner pagi di Surabaya bisa menjadi pilihan untuk sarapan yang unik. Hal ini lantaran kamu bisa memilih sesuai selera, sarapan seperti apa yang ingin dinikmati. Berbagai makanan khas Surabaya yang legendaris bisa menjadi tujuan utamamu. 

Tidak hanya menawarkan rasa yang menggugah selera, berbagai menu sarapan ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Jadi kamu tidak perlu mencemaskan budget. Makanan seperti soto, bubur, hingga nasi kuning yang cocok untuk sarapan bisa kamu nikmati.

Wisata kuliner pagi di Surabaya penuh dengan cita rasa yang unik. Tidak heran, tempat-tempat kuliner ini selalu ramai dikunjungi. Bagi kamu yang baru memulai hari dan ingin menikmati sajian khas yang unik, bisa mengunjungi wisata kuliner pagi di Surabaya untuk sarapan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021) tentang wisata kuliner pagi di Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pagi di Surabaya

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Wisata kuliner pagi di Surabaya yang pertama adalah Lontong Balap. Lontong balap merupakan salah satu kuliner Surabaya yang khas. Makanan satu ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Ditambah dengan lezatnya sate kerang dan segelas es kelapa muda tentu akan sangat menggugah selera.

Ada banyak tempat yang menyajikan kuliner Surabaya ini. Salah satunya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya berada di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Meski telah berjalan selama lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap ini tetap terjaga.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Meski bukan kuliner Surabaya yang asli, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib kamu cicipi bila berada di Surabaya. Wisata kuliner pagi di Surabaya ini tentunya sangat cocok dijadikan menu sarapan lezat.

Soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har yang berlokasi di Jalan Dr.Ir.H.Soekarno. Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, juga jeroan. Soto Ayam Lamongan Cak Har buka setiap hari mulai jam 6 pagi.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pagi di Surabaya

Nasi Kuning Avon

Nasi Kuning Avon merupakan salah satu wisata kuliner pagi di Surabaya yang enak. Sama seperti soto ayam, warung makan Nasi Kuning Avon juga buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai siang.

Nasi Kuning Avon merupakan nasi kuning dipadukan dengan telur balado, ikan tongkol, bakmi, dan serundeng menjadikan perpaduan cita rasa yang istimewa. Nasi Kuning Avon sangat cocok dijadikan menu sarapan yang nikmat.

Rawon Pak Pangat

Tentunya belum lengkap ke Surabaya jika belum menikmati rawon. Salah satu rawon yang bisa kamu nikmati di pagi hari adalah Rawon Pak Pangat. Wisata kuliner pagi di Surabaya ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi.

Warung Rawon Pak Pangat memiliki dua jenis, yaitu menu rawon suwiran dan rawon krengsengan yang bisa dipesan sesuai selera. Jika ingin mencicipi rawon ini, kamu bisa datang ke warungnya yang berada di Jalan Ketintang Baru Selatan nomor 15, Ketintang, Gayungan, Surabaya.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pagi di Surabaya

Bubur Ayam Spensix

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan menu sarapan. Hal ini juga menjadi salah satu wisata kuliner pagi di Surabaya. Salah satu bubur ayam yang terkenal yaitu Bubur Ayam Spensix.

Di sini, kamu bisa menyantap bubur ayam dengan topping ati ampela yang lezat. Lokasinya berada di jalan raya Gubeng, dan buka setiap hari mulai jam 6 pagi. Harganya yang cukup ramah di kantong bisa menjadi pilihan sarapan enak dan hemat.

Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon merupakan salah satu menu sarapan enak yang bisa jadi tujuan wisata kuliner pagi di Surabaya. Lokasinya berada Jalan Pengampon II nomor 3, Surabaya, Jawa Timur.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi. Seporsi Nasi Empal Pengampon berisi nasi putih hangat dengan lauk daging cacah, telur sambal, kentang goreng, hingga sayuran.

Sate Karak

Wisata kuliner pagi di Surabaya selanjutnya adalah Sate Karak. Jika berkunjung di kawasan Ampel, sangat direkomendasikan untuk menjajal sate karak ini. Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. 

Bahan utama sate karak berupa jeroan sapi terutama usus dan ada dagingnya juga yang diberi bumbu spesial, bahkan ukurannya pun cukup besar.  Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah karena hidangan pendampingnya. Biasanya, sate sering disajikan dengan lontong. Namun, sate karak dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur dari ketan hitam yang disajikan tidak lengket, sehingga mudah untuk dinikmati.

Bukan sambal kacang yang digunakan untuk melumuri satenya, tetapi parutan kelapa yang diberi bumbu atau biasa disebut dengan serundeng bercita rasa manis dan gurih. Terdapat pula tambahan bubuk kedelai pedas yang ditabur di atasnya yang menambah kekayaan cita rasa sate karak. Sate Karak ini juga bisa dijadikan makanan malam yang menggugah selera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini