VIDEO: Virus COVID-19 Varian India Menyerang Surabaya, Harap Waspada

VIDEO: Virus COVID-19 Varian India Menyerang Surabaya, Harap Waspada

Virus Covid-19 varian india kini tengah menyerang wilayah Surabaya, tiga pasien kini telah dipindahkan ke Rumah Sakit Bojonegoro dengan rincian dua orang bergejala ringan, dan satu lainnya tanpa gejala dan tanpa komorbid.

Sebanyak tiga pasien positif Covid-19 jenis Delta B16172 masuk Rumah Sakit Lapangan Indrapura pada (06/6/2021). Berasal dari gelombang pertama, penyekatan keluar masuk Jembatan Suramadu. Terdapat dua pasien bergejala ringan, demam dan batuk berdahak, sementara satu pasien tanpa gejala dan tanpa komorbid telah dipindahkan ke Rumah Sakit Bojonegoro pada (12/6/2021).

Sebelumnya tiga pasien yang terpapar covid varian india atau Varian Delta tersebut ditangani secara khusus dan dites usap PCR 2 kali selama 14 hari. Sementara itu, ruang perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya, saat ini hampir penuh. Saat ini 370 pasien dirawat dengan kapasitas 400 tempat tidur. Berikut pemberitaannya pada Fokus, (17/6/2021).

"Dari 219 pasien itu, 203 pasien CT value-nya di bawah 25, inilah yang kita mengkhawatirkan yang awal kita sampaikan bahwa cukup banyak pasien-pasien dari hasil penyekatan CT value-nya di bawah 25, dan itu menyebabkan kecurigaan kita akan ada sesuatu, akan ada varian baru, dan hal itu ternyata terbukti," terang Laksma TNI I Dewa Gede Nalendra, Penanggung Jawab RSLI Surabaya.

Tingginya pasien yang dirawat tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada. Pihak Rumah Sakit Lapangan tengah meminta tenaga tambahan ke Mabes TNI berupa enam dokter dan 12 perawat.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 June 2021, 11:11 WIB

Video Terkait

Spotlights