Sukses

Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Binakal Bondowoso Lockdown

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso Mohammad Imron membenarkan Puskesmas Binakal lockdown menyusul sejumlah duan tenaga kesehatan (nakes) dan satu non nakes positif Covid-19.

Liputan6.com, Bondowoso - Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso Mohammad Imron membenarkan Puskesmas Binakal lockdown menyusul sejumlah duan tenaga kesehatan (nakes) dan satu non nakes positif Covid-19.

“Total ada empat orang," katanya dikutip dari TimesIndonesia, Selasa (15/6/2021).

Seharusnya kemarin hari terakhir lockdown, karena sebelumnya ada temuan tiga petugas yang positif. "Tetapi, kami memutuskan untuk menambah waktu lockdown hingga tiga hari ke depan,” jelasnya.

Pihaknya menduga, nakes terpapar Covid-19 ketika mereka tracing di klaster hajatan yang berada di Desa Bendelan Bondowoso beberapa hari lalu.

“Bisa juga aktivitas dari luar. Tapi kemungkinan besar dari tracing di klaster hajatan itu. Total sekitar 19 orang positif Covid-19 di kecamatan Binakal sementara ini,” imbuhnya.

Sementara untuk pelayanan kesehatan di wilayah Binakal sementara dialihkan. Termasuk Puskesmas Pembantu (Pustu) di Binakal juga belum dapat melayani secara normal.

Pihkanya mengarahkan, sementara warga Binakal bisa ke puskesmas yang terdekat. Yakni diantaranya Puskesmas Curahdami, Kotakulon atau ke Puskesmas Pakem Bondowoso

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Nakes Baik

"Gedung puskesmas Binakal sendiri setiap hari kami semprot dengan disinfektan,” jelas juru bicara Satgas Covid-19 Bondowoso tersebut.

Adapun kondisi beberapa nakes dan non nakes puskesmas Binakal dalam kondisi cukup baik. “Bergejala ringan. Ada yang dirawat di rumah sakit,” imbuhnya. 

Berdasarkan data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bondowoso per Tanggal 14 Juni 2021, total ada 39 pasien dirawat, dengan total kasus 2340. Dari 23 kecamatan total ada 11 kecamatan zona kuning dan satu Kecamatan Binakal zona merah. Bahkan Puskesmas Binakal dilockdown. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.