6 Wisata Dataran Tinggi di Blitar, Suguhkan Alam yang Indah dan Udara Sejuk

Oleh Husnul Abdi pada 14 Jun 2021, 20:05 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 20:05 WIB
Wisata Gunung Kelud
Perbesar
Wisata Gunung Kelud (sumber: wikipedia)

Liputan6.com, Jakarta Wisata dataran tinggi di Blitar patut menjadi pilihan liburan yang seru dan menyenangkan. Tempat yang dijuluki sebagai Kota Proklamator ini memang menawarkan destinasi wisata yang beragam, dari alam hingga budaya dan sejarah.

Blitar mungkin lebih terkenal sebagai kota yang penuh dengan monumen atau bangunan bersejarah. Hal ini tidak lepas dari Blitar yang merupakan kota tempat dimakamkannya tokoh proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno. 

Namun, tempat wisata dataran tinggi di Blitar tidak kalah mentereng dengan wisata budaya dan sejarahnya. Salah satu wisata dataran tinggi di Blitar yang mungkin cukup terkenal adalah Gunung Kelud. Kamu juga bisa mengunjungi wisata alam perbukitan lainnya yang tak kalah indah dan menakjubkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/6/2021) tentang wisata dataran tinggi di Blitar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Dataran Tinggi di Blitar

Jawa Timur
Perbesar
Gunung Butak, Blitar, Jawa Timur. (temanggungku/Instagram)

Gunung Kelud

Salah satu wisata alam yang sudah sangat terkenal di Blitar adalah Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan salah satu wisata dataran tinggi di Blitar yang menawarkan keindahan alam. Dari Blitar, kamu bisa menikmati indahnya kubah lava Gunung Kelud. Untuk melihat kubah lava tersebut, kamu perlu menuju puncak.

Tetapi tidak perlu khawatir, karena sudah disediakan tangga yang terbuat dari semen untuk menuju puncak tersebut. Untuk menikmati pemandangan indah ini kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Tempat wisata Blitar ini juga cukup murah untuk dikunjungi. Kamu juga bisa menikmati flying fox, serta pemandian air panas di Gunung Kelud.

Gunung Butak via Sirah Kencong

Wisata dataran tinggi di Blitar selanjutnya adalah Gunung Butak. Gunung ini cocok bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung, tapi cukup lelah untuk mendaki Gunung Kelud atau Semeru. Pendakian Gunung Butak akan menyuguhkan pemandangan alam dari atas bukit yang sangat menakjubkan.

Selain itu, ada juga lokasi camping yang tentunya sangat menarik untuk dicoba. Dari Blitar, kamu dapat mendaki Gunung Butak melalui basecamp Sirah Kencong yang terletak di Desa Ngadirenggo. Wisata alam Blitar satu ini tentunya sangat menarik bagi kamu para pendaki pemula.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Dataran Tinggi di Blitar

Hutan Pinus
Perbesar
Ilustrasi Hutan Pinus (sumber: Pexel)

Hutan Pinus Loji

Wisata dataran tinggi di Blitar selanjutnya adalah sajian keindahan dan kesejukan pegunungan Hutan Pinus Loji. Wisata Hutan Pinus Loji berada tak jauh dari Basecamp Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo. Tiket masuk kawasan ini hanya Rp 3 ribu tiap orang.

Selain memiliki spot-spot foto instagramable, suasana sejuk dan pepohonan hijau yang memesona membuat tempat ini banyak dikunjungi kaum milineal. Hutan Pinus Loji bisa dijadikan alternatif yang menarik sebagai destinasi wisata Blitar yang seru.

Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin terletak di Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Gumuk Sapu Angin mengusung konsep spot selfie gardu pandang dengan pesona alam yang indah nan memukau.

Dari tempat wisata ini, kamu bisa memandangi kemegahan Gunung Kawi dan Gunung Kelud. Tempat ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang hobi fotografi dan ingin menenangkan pikiran. Hunting foto-foto yang instagramable bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak muda di sini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Dataran Tinggi di Blitar

ilustrasi bukit
Perbesar
ilustrasi bukit hijau (sumber: Pixabay)

Bukit Teletubbies

Blitar juga memiliki Bukit Teletubbies yang tidak kalah indah dengan yang ada di Bormo. Bukit Teletubbies identik dengan hamparan perbukitan dengan warna hijau yang nampak sangat lembut dan bersih.

Di bukit Teletubbies ini kamu juga akan disuguhi pemandangan alam Gunung Kelud yang sangat indah. Bukit Teletubbies juga memiliki spot-spot foto instagramable seperti balon udara. Suasana sejuk dan hamparan bukit hijau yang memesona membuat wisata dataran tinggi di Blitar ini banyak dikunjungi wisatawan.

Gunung Pegat Ponggok Srengat Blitar

Sebagai gunung, Gunung Pegat Ponggok Srengat Blitar tak setinggi semeru atau gunung-gunung yang melelahkan untuk dinaiki para pendaki. Wisata dataran tinggi di Blitar ini bisa menjadi alternatif kamu selain Gunung Kelud ataupun Gunung Butak.

Pemandangan alam yang ditawarkan gunung ini tidak main-main. Bahkan, pemandangan malamnya yang indah menjadi salah satu alasan banyak orang ke sini. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk singgah di wisata dataran tinggi di Blitar ini.

Lanjutkan Membaca ↓