Lahan Rawa di Banyuwangi Disulap Jadi Pusat Kuliner Ikan

Oleh Liputan6.com pada 13 Jun 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 15:00 WIB
Sambut Festival Pasar Ikan, Warga Banyuwangi Kompak Bersih-bersih Kampung Nelayan
Perbesar
Ketua Tim Penggerak PKK Banyuwangi, Dani Azwar Anas.

Liputan6.com, Surabaya- Festival Pasar Ikan atau Fish Market Festival yang baru saja digelar di Kampung Mandar Banyuwangi menjadi upaya menggerakkan ekonomi masyarakat. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani ingin perhelatan ini bisa menunjang wisata Pantai Marina Boom.

“Terlebih, kawasan Kampung Mandar yang lokasinya dekat perkotaan dan juga berdampingan dengan Pantai Marina Boom dinilai sangat strategis menjadi destinasi wisata kuliner,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (12/6/2021).

Ia berpesan kepada warga setempat untuk menjaga kualitas dan kebersihan di kawasan Kampung Mandar, dan warga diharapkan pula menjadi pelayan wisatawan yang baik dengan keramahanya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi M.Y. Bramuda, Kampung Mandar saat ini telah menjadi pusat kuliner olahan laut dan telah ramai pengunjung dan pecinta kuliner maupun wisatawan.

“Karena selain harganya murah, ikan yang diolah juga harus benar-benar segar,” ucapnya.

Ia menyebutkan ada lebih dari 20 warung olahan ikan  yang rata-rata menghabiskan 10 sampai 20 kilogram apda akhir pekan.

Semula, pasar ikan di Mandar Banyuwangi ini merupakan lahan berupa rawa yang penuh dengan sampah. Namun sekarang telah menjadi salah satu tempat yang bersih dan pusat perekonomian warga Kelurahan Mandar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓