Sukses

Bupati Fandi Akhmad Ajak Work From Bawean, Tertarik?

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menggaungkan Work From Bawean. Upaya ini dilakukan untuk membangkitkan perekonomian wilayah kepulauan.

Liputan6.com, Gresik - Seakan tak mau ketinggalan dengan Work From Bali, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menggaungkan Work From Bawean. Upaya ini dilakukan untuk membangkitkan perekonomian wilayah kepulauan.

Untuk tahap awal, Bupati Yani meminta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) bisa memulai dengan bekerja di wilayah yang berjuluk pulau putri ini.

"Jadi kalau Pak Luhut (Menko Investasi) punya gagasan Work From Bali, kami gagas Work From Bawean," katanya, Rabu (9/6/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Alumnus Universitas Airlangga ini menyatakan, perekonomian warga kepulauan juga harus dipikirkan pemerintah. Selama pandemi, sektor wisata sangat terdampak.

Pulau Bawean memiliki potensi besar khususnya destinasi pariwisata alam, kemudian juga ada potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kalau hotel dan penginapan di sini penuh ada pengunjung maka pedagang oleh-oleh terjual, tiket kapal juga terjual, maka perekonomian akan tumbuh," ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Gresik ini menambahkan setelah mengajak para OPD bisa bekerja dari Bawean, maka siswa-siswi yang hendak studi tour bisa berkunjung.

"Di sini potensi wisatanya tidak kalah dengan daerah lain, akan kita maksimalkan dari pengunjung lokal. Nanti Kepala OPD bisa kerja dan monitor layanan di kepulauan," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Besar

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik Agustin Halomoan Sinaga menyatakan, potensi pariwisata di Pulau Bawean sangat besar. 

"Selain Pantai Selayar, ada Gili Noko ada juga Mangrove Hijau Daun dan banyak lagi wisatanya. Tentu akan kita dukung potensi ini," ujarnya.

Sinaga menuturkan untuk mewujudkan kemajuan sektor wisata, dirinya bakal berkolaborasi dengan dinas perhubungan terkait transportasi perintis jalur darat maupun laut.

"Intinya untuk memajukan wisata di Bawean ini harus berkolaborasi, baik pokdarwis, kepala desa serta pihak terkait, utamanya Dishub yang akan mewujudkan transportasinya," ucapnya menanggapi ide Bupati Gresikmenggaungkan Work From Bawean (*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.