8 Wisata Air Terjun di Blitar yang Wajib Dikunjungi, Tawarkan Kesejukan

Oleh Husnul Abdi pada 02 Jun 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 20:30 WIB
Ilustrasi air terjun
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Wisata air terjun di Blitar patut menjadi perhatian para wisatawan. Sebagai kota tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno, Blitar terkenal dengan bangunan bersejarah seperti candi hingga monumen-monumen.

Tapi, Blitar lebih dari sekadar wisata tempat sejarah. Kamu bisa juga menemukan berbagai wisata alam yang keindahannya tidak kalah dengan daerah lainnya. Wisata pantai, dataran tinggi, hingga air terjun bisa kamu nikmati di Blitar.

Wisata air terjun di Blitar memiliki keunikan tersendiri. Bahkan, salah satu wisata air terjun di Blitar terletak di pantai. Jadi, kamu bisa menikmati dua keindahan alam sekaligus di salah satu wisata air terjun di Bliat tersebut.

Wilayahnya yang memiliki dataran tinggi hingga dataran rendah, membuat Blitar memiliki beragam potensi wisata. Daerah yang letaknya berada di sebelah selatan Provinsi Jawa Timur ini membuatnya berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/6/2021) tentang wisata air terjun di Blitar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Air Terjun di Blitar

Ilustrasi air terjun
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Air Terjun Umbul Waru

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu wisata air terjun di Blitar yang sangat unik terletak di sebuah pantai, yaitu Air Terjun Umbul Waru. Air terjun ini berlokasi di desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

Air Terjun Umbul Waru ini mengalir dari bukit langsung ke Samudera Hindia, tepatnya ke Pantai Umbul Waru. Namun, kamu harus berhati-hati karena jalan menuju air terjun ini cukup sulit dan terjal.

Air Terjun Sirah Kencong

Air Terjun Sirah Kencong berlokasi di desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Wisata air terjun di Blitar satu ini mungkin merupakan salah satu yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Airnya sangat jernih dan aliran air terjunnya cukup tinggi. Pohon-pohon rindang di sekitarnya menambah keindahan alam yang menyejukkan. Selain itu, lokasinya yang berada tida jauh dari di kebun teh membuat kamu juga bisa sekalian singgah menikmati pemandangan kebun teh yang asri. Untuk menuju air terjun ini, kamu harus menyiapkan tenaga melewati jalan yang cukup menantang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Air Terjun di Blitar

Air Terjun Grenjeng Blitar

Salah satu wisata air terjun di Blitar yang tak kalah terkenal adalah Air Terjun Grenjeng. Udara yang sejuk tentunya menjadi hal menarik yang paling utama di sini. Jika kamu datang saat musim hujan, kamu akan mendapatkan airnya yang deras dengan kolam berwarna kebiruan. Tinggi air terjun ini kira-kira 20 meter. Lokasinya berada di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabpuaten Blitar.

Jurug Bening

Jurug Bening adalah wisata air terjun di Blitar yang bisa menjadi pilihan yang menarik. Pemandangan yang indah dengan air terjun yang lebih besar dan bebatuan di dasar kolamnya membuat jurug ini semakin unik. Kamu juga bisa berenang di sini karena airnya yang cukup tenang. Walaupun begitu, kamu tetap harus berhati-hati saat berenang atau main air di air terjun ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Air Terjun di Blitar

Ilustrasi air terjun  (sumber: Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Air Terjun Lawean Kawisari

Jika kamu ingin menikmati wisata air terjun di Blitar yang menantang dengan petualangannya, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Lawean Kawisari. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus menyusur hutan dengan jalur yang naik turun, hingga melewati sungai dengan batuan yang licin dan terjal.

Hal ini tentunya disertai dengan pemandangan hutan yang hijau dan asri, yang akan menemanimu selama perjalanan. Jadi, walaupun cukup menantang, kamu akan tetap merasakan kesejukan dan ketenangan dalam berwisata. Panorama air terjun yang indah, air yang jernih, serta udara yang sejuk dan asri akan tersaji hanya untukmu di sini.

Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirtogaluh adalah wisata air terjun di Blitar yang cukup unik. Hal ini dikarenakan kamu bisa melakukan aktivitas tubing di air terjun ini menyusuri aliran sungainya dengan ban. Aliran air terjunnya tidak begitu deras, namun berenang dan main air di sini akan membuatmu lupa hiruk pikuk pekerjaan di kota. Belum lagi dengan pemandangan alam indah yang ditawarkannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Air Terjun di Blitar

Air Terjun Goa Luweng

Salah satu wisata air terjun di Blitar yang juga cukup unik adalah Air Terjun Goa Luweng. Keunikan air terjun ini terletak pada lokasinya yang terdapat di tengah-tengah gua. Sesuai namanya, air terjun ini terletak di Gua Luweng.

Bagian atap Gua Luweng yang berlubang membuat masuknya cahaya dan aliran sungai yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang unik ini.

Air Terjun Coban Wilis

Air Terjun Coban Wilis memiliki ketinggian mencapai 100 meter, dan sangat cocok bagi kamu yang sudah penat melihat gedung-gedung tinggi di kota. Seketika penat akan hilang setelah meilhat keindahan dan kesejukan wisata air terjun di Blitar satu ini.Keindahannya didukung dengan dinding bebatuan yang dialiri air terjun. Lumut yang hijau serta pepohonan yang rindang di sekitarnya membuat air terjun ini wajibkamu kunjungi saat ke Blitar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya