Sukses

PPDB SMP di Surabaya Masuk Tahap Validasi Data Siswa, Begini Caranya

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang SMP di Surabaya harus diperhatikan orangtua agar tidak salah melakukan pendaftaran.

Liputan6.com, Surabaya- Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang SMP di Surabaya harus diperhatikan orangtua agar tidak salah melakukan pendaftaran. Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Supomo menyebutkan tahap yang harus dilalui Calon Peserta Didik Baru (CPDB).

“Orangtua siswa dan siswa harap memperhatikan pengumuman supaya tidak salah dalam melakukan pendaftaran,” ujarnya di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (18/5/2021).

Ia mengatakan tahap awal yang harus dilalui calon siswa adalah validasi data siswa. Validasi data ini dilakukan secara daring melalui laman www.ppdb.surabaya.go.id yang bisa diakses menggunakan PC atau ponsel.

Validasi data pribadi berlangsung mulai 17 Mei sampai 2 Juni 2021. Validasi data ini wajib bagi CPDB yang akan mendaftar jalur zonasi, jalur afirmasi kategori mitra warga, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan jalur prestasi. Validasi data dikecualikan bagi pendaftar jalur afirmasi kategori inklusi. 

Ia memaparkan langkah-langkah validasi data siswa. Pertama, CPDB membuka laman ppdb.surabaya.go.id melalui komputer atau ponsel, dan diutamakan perangkat yang digunakan memiliki kamera depan.  

Kedua, silakan CPDB memilih menu validasi data. Di dalam validasi data itu berisikan beberapa pilihan. Kemudian pilih yang sesuai dengan kondisi CPDB.

Ketiga, pilih menu mulai validasi. Selanjutnya, CPDB diarahkan untuk mengisi NIK dan tanggal lahir. Setelah masuk, muncul beberapa tahapan yang harus dilalui untuk verifikasi. Jika sesuai, klik lanjutkan sampai finalisasi data.  

Keempat data-data CPDB yang sudah diisi tadi akan dicek tim validator. Jika sesuai, maka PIN untuk pendaftaran PPDB SMP Negeri di Kota Surabaya akan dikirim ke alamat email yang sudah dientrikan saat validasi.

Kelima, simpan PIN validasi data siswa Surabaya untuk melakukan pendaftaran, jangan sampai hilang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.