Sukses

Swab Antigen Gratis Bagi Warga Surabaya Usai Mudik Lebaran

Polrestabes Surabaya mengimbau warga yang kembali ke wilayah Surabaya usai mudik lebaran harus melakukan swab antigen Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya - Polrestabes Surabaya mengimbau warga yang kembali ke wilayah Surabaya usai mudik lebaran harus melakukan swab antigen Covid-19.

"Diharapkan bagi warga yang akan kembali ke Surabaya agar melengkapi dirinya dengan membawa hasil test swab sebagai bukti dirinya bebas Covid-19," ujar Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra, Senin (17/5/2021).

Teddy mengungkapkan, jika warga yang kembali ke area Surabaya belum memiliki surat hasil swab antigen Covid-19, maka pihaknya akan menyediakan swab antigen gratis yang berada di Pos Cito Masuk Surabaya.

"Kami akan bekerja sama baik dengan pihak Puskesmas maupun Urkes Polrestabes Surabaya untuk menyediakan swab antigen gratis kepada warga," ucapnya.

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Muhammad Fakih menambahkan, pemudik yang kembali ke wilayah Surabaya juga harus melakukan isolasi mandiri di posko Kampung Tangguh Suroboyo terlebih dahulu.

"Warga juga diimbau untuk melapor ke pihak RT maupun Bhabinkamtibmas atau Babinsa agar terdata dengan baik," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datangi Rumah Warga

Fakih menyatakan, pihaknya akan mendatangi warga yang kembali ke wilayah Surabaya usai mudik.

"Kepada warga yang usai mudik, akan dilakukan 3T, yakni tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada warga yang terpapar Ccovid-19 (treatment). Hal tersebut akan dijalankan Bhabinkamtibmas, Babinsa, maupun pengurus RT," ucapnya.

"Dengan peran aktif masyarakat yang melaporkan, baik melalui RT setempat maupun Bhabinkamtibmas dan Babinsa, bisa secara dini kami dalam mengambil langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran virus Covid-19," ujar Fakih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.