Sukses

Cegah Corona, Wisata Pantai di Jember Ditutup Selama Libur Lebaran

Menurutnya, anggota Polsek Ambulu bersama petugas loket wisata Pantai Watu Ulo sudah memasang imbauan penutupan wisata sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Liputan6.com, Surabaya - Polisi bersama petugas pos pengamanan menutup akses masuk sejumlah pantai wisata di kawasan pesisir selatan Kabupaten Jember, selama libur Lebaran 2021.

"Semua objek wisata pantai di Kecamatan Ambulu, seperti Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, dan Pantai Papuma ditutup dan petugas bersiaga di pintu masuk kawasan wisata itu," kata Kapolsek Ambulu AKP Sudaryanto, Minggu (17/5/2021), seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, anggota Polsek Ambulu bersama petugas loket wisata Pantai Watu Ulo sudah memasang imbauan penutupan wisata sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Biasanya saat libur Lebaran, kawasan wisata pantai dipenuhi pengunjung dan hal itu menyebabkan kerumunan yang dapat berpotensi penularan COVID-19, sehingga semua kawasan wisata ditutup," tutur-nya.

Kendati demikian, petugas tidak bisa melarang saat ada warga yang datang ke sejumlah warung yang buka di sekitar Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan Jember untuk makan bersama keluarga.

"Lokasi Pantai Watu Ulo dan Payangan berada di sekitar permukiman warga, sehingga kami selektif untuk memperbolehkan warga hanya untuk makan di warung dan bukan untuk berwisata," katanya.

Sudariyanto mengakui masih ada warga yang kadang sembunyi-sembunyi saat berwisata dan lepas dari pantauan petugas karena banyaknya warga yang datang makan di beberapa warung yang berada di sekitar objek wisata.

"Kawan-kawan Tagana juga dikerahkan di beberapa titik untuk memberikan peringatan kepada warga yang hendak berwisata di kawasan pantai pesisir selatan Jember itu," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intruksi Bupati

Ia menjelaskan petugas juga sudah memberikan imbauan kepada masyarakat yang datang untuk makan di sejumlah warung di sekitar pantai untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak boleh berwisata di pantai, sehingga setelah mereka selesai makan diimbau segera pulang.

Sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto menginstruksikan semua objek wisata ditutup selama libur Idul Fitri 2021 untuk menghindari penyebaran COVID-19.

"Semua objek wisata ditutup terutama destinasi yang sudah menjadi primadona biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran, sehingga tidak boleh ada penjualan tiket masuk," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.