Sendang Kamal Bakal Menambah Deretan Tempat Pariwisata di Magetan

Oleh Liputan6.com pada 16 Mei 2021, 19:24 WIB
Diperbarui 16 Mei 2021, 19:24 WIB
7 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Bisa Traveling di Tahun 2018
Perbesar
Ilustrasi liburan (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Magetan mengangkat potensi cagar budaya Situs Prasasti Sendang Kamal di Dukuh Sumber, Kelurahan Kraton, Kecamatan Maospati, guna mendukung pengembangan sektor pariwisata daerah setempat, utamanya wisata sejarah.

Lurah Kraton Ari Budi mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan Pemkab Magetan untuk merevitalisasi dan mengembangkan Situs Sendang Kamal menjadi objek wisata menarik. Seperti pembuatan pagar untuk melindungi area sendang pada tahun 2019 dan pembersihan area sendang di tahun 2020.

"Warga sekitar secara inisiatif membersihkan sendang atau tempat pemandian di area situs dan menebar bibit ikan sehingga sekarang dapat dinikmati oleh pengunjung," ujar Ari Budi di Magetan, Sabtu 15 Mei 2021, dilansir dari Antara.

Menurut dia, area Sendang Kamal dulunya terkenal angker. Namun, seiring dengan upaya pemugaran dan pembersihan, sekarang situs tersebut menjadi tempat yang banyak dikunjungi.

Pengunjung datang untuk mencari tempat foto bernuansa "heritage", berkumpul dengan keluarga atau teman, serta menikmati ikan warna warni di kolam bersejarah.

"Banyak pesepeda yang mampir ke Sendang Kamal. Bahkan akhir-akhir ini banyak wisatawan yang naik kereta mini dari luar daerah Kraton yang mampir berkunjung ke Sendang Kamal," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Pemugaran

Ilustrasi travelling
Perbesar
Labuan Bajo dikenal sebagai salah satu surga traveling yang ada di Indonesia. Salah satunya Labuan Bajo

Kedepan, Pemkab Magetan semakin intensif merencanakan pembangunan dan pemugaran Situs Sendang Kamal untuk dikembangkan menjadi objek wisata favorit di Magetan.

Pemugaran akan ditangani oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan. Bahkan, penganggaran sudah disiapkan untuk menjadikan situs tersebut sebagai alternatif wisata di Magetan wilayah timur.

Adapun, Situs Prasasti Sendang Kamal atau Prasasti Kawambang Kulwan merupakan petirtaan kuno yang diduga memiliki kaitan erat dengan Kerajaan Medang Kamulan atau Mataram Kuno.

Prasasti Sendang Kamal awalnya terdiri atas empat buah batu prasasti. Namun, satu prasasti dipindahkan untuk disimpan di Museum Nasional dengan Nomor D.37. Dari tiga prasasti yang ada sekarang, dua prasasti masih dapat dibaca pada baris-baris awal, sedangkan lainnya telah aus termakan usia.

Terletak strategis sekitar 1,5 kilometer dari jalur arteri Magetan-Madiun, Situs Prasasti Sendang Kamal diprediksi akan menjadi objek wisata sejarah yang menarik saat selesai pemugaran nantinya. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal Magetan, namun juga dari luar Magetan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓