Sukses

Polda Jatim Gelar Penyekatan Arus Balik dan Rapid Test Acak

Upaya ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jatim melakukan penyekatan serentak pada Sabtu 15 Mei 2021, mulai pukul 00.00 WIB. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi mobilitas masyarakat yang hendak keluar dari Jawa Timur.

Kasubdit Kamsel Polda Jatim, AKBP M Rofik menyampaikan, penyekatan serentak ini dilakukan pada 15 Mei 2021, dan ada rapid test yang akan dilakukan secara random atau acak.

Rofik menyampaikan, selain itu juga ada 9 titik di jalur perbatasan, dan 20 titik antar rayon, dan pengguna jalan harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, yaitu membawa surat tugas dan surat bebas Covid-19.

"Ada 9 titik pos penyekatan di perbatasan dan 20 titik pos antar rayon di akses keluar dari Jawa Timur," ucapnya.

Upaya ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Sementara itu, sebanyak 75 mobil penumpang dan empat mobil pribadi dihentikan di Pos Pam Desa Pandanan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Tirnur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Satu Persatu

Kasat Lantas Polres Gresik, AKP Yanto Mulyanto P mengatakan, dalam kegiatan ini petugas menghentikan dan memeriksa sebanyak 36 sepeda motor yang selanjutnya dilakukan Rapid test antigen terhadap 10 orang. 

"Kami periksa satu persatu, dan hasil dinyatakan negatif Covid-19. Selain itu sebanyak 13 kendaraan kami paksa putar balik karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan," kata Yanto. 

la mengatakan, kegiatan penyekatan akan terus dilaksanakan hingga 17 Mei 2021, tujuannya untuk mencegah pemudik dari luar Gresik yang masuk dan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.