Sukses

Update Covid-19 Jatim Usai Lebaran: Positif 150.901, Sembuh 138.310, Meninggal 10.977

Kasus Covid-19 di Jatim masih mengalami penambahan.

Liputan6.com, Surabaya - Kasus Covid-19 di Jatim masih mengalami penambahan. Data terakhir Kemenkes pada Jumat (14/5/2021) menyebutkan, ada penambahan sebanyak 141 kasus baru di Jatim.

Dengan penambahan ini jumlah total kasus positif di Jatim saat ini adalah 150.901.

Selain itu, Jatim melaporkan adanya penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 173 kasus. Dengan begitu jumlah kasus sembuh di Jatim saat ini adalah 138.310 kasus.

Jatim juga mencatatkan angka kematian 15 kasus. Penambahan ini membuat jumlah total kematian akibat Covid-19 di Jatim menjadi 10.977 kasus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hoaks Covid-19

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Jatim), Benny Sampirwanto memastikan kabar jumlah kasus Covid-19 meledak di Jatim adalah hoaks. Faktanya, tidak ada keterangan resmi dari kementerian kesehatan soal perkiraan ledakan kasus Covid-19 di Jatim.

"Jumlah kasus dalam pesan yang beredar tersebut cenderung menyesatkan karena berbeda dengan rilis kasus harian yang keluarkan gugus tugas Covid-19," ujarnya, Jumat (14/5/2021).

Benny mengungkapkan, jumlah kasus yang dirilis di Jatim setiap hari adalah jumlah kumulatif yang terdiri dari kasus positif, kasus meninggalkan dunia dan kasus sembuh.

"Pesan sejenis yang menyesatkan tersebut juga beredar di beberapa daerah dengan narasi yang mirip hanya lokus wilayah yang berbeda. Misalnya beredar di Provinsi Jateng dan Kota Serang, Banten," ucapnya.

Benny menegaskan, menyikapi pandemi Covid-19 yang masih belum ada vaksinya sampai saat ini, maka penerapan Protokol Kesehatan harus dilakukan, yaitu memakai masker menutupi hidung dan mulut sampai dengan dagu.

"Selanjutnya, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Menjaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya di Jatim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.