Pentingnya Web Sekolah untuk Informasi Wali Murid di Masa Pandemi

Oleh Liputan6.com pada 19 Mei 2021, 15:29 WIB
Diperbarui 20 Mei 2021, 15:30 WIB
Ilustrasi situs web, website, internet
Perbesar
Ilustrasi situs web, website, internet. Kredit: 200 Degrees via Pixabay

Liputan6.com, Surabaya - Salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara (Ubhara) memberi pelatihan berupa pembuatan Web di Muhammadiyah Boarding Lab School.

Pelatihan pembuatan Web tersebut, adalah dalam rangka untuk membantu lembaga menyampaikan kepada informasi terutama bagi para wali santri yang saat sering terkendala karena Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga wali santri kurang dapat mengikuti perkembangan santri.

Ketua Tim Abdimas Prima Dina Atika menegaskan, tujuan pembuatan Web mempermudah penyampaian informasi kepada wali santri yang saat ini mukim di Pesantren Muhammadiyah.

“Pada tahap awal perlu dibuatkan Wwb untuk keperluan di atas, selain itu untuk mempercepat. Menjawab permasalahan tersebut maka dibuat Sistem Informasi Web Sekolah.” Jelas Prima, Rabu (19/2021).

Dijelaskan Prima, lembaga tersebut merupakan Pesantren atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Boarding School, yaitu salah satu lembaga pendidikan formal yang memperhatikan perkembangan peserta didik atau santri dari segi mental dan spiritual yang sangat ketat.

“Selain pembentukan karakter para Santri yang kelak akan terjun di masyarakat harus pula mempunyai dasar pengetahuan bidang teknologi ini,” ujar Prima.

Menurut Prima, saat ini pola komunikasi dengan media digital elektronik bisa menyampaikan berbagai jenis dan bentuk pesan secara komprehensif dan bersamaan waktunya. Salah satu pola komunikasi, lanjutnya, dengan media world wide web (www) yang mampu menyampaikan pesan berupa teks, gambar, animasi, dan video.

Jaringan Komunikasi

“Menurut Praktisi Ilmu Komunikasi Media world wide web (www) merupakan jembatan untuk menguasai lalu lintas pesan, data, dan informasi secara luas, cepat dan tepat dalam membangun jaringan komunikasi dunia,” sambung Dosen Tetap Fasilkom Ubhara Jaya itu.

Ia pun berpendapat, dunia pendidikan pun harus mengikuti perkembangan teknologi, dalam meningkatkan pelayanan serta interaksi yang lebih komprehensif dengan orang tua atau wali murid siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Abdimas di Muhammadiyah Boarding Lab School dipimpin oleh Dosen Fasilkom Prima Dina Atika. Dosen lain yang menyertainya adalah Hadi Kusmara, Sugiyatno, dan Mukhlis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓