Sukses

Antisipasi Lonjakan Kasus saat Lebaran, Ratusan Pedagang di Tulungagung Mulai Divaksin

Vaksinasi Covid-19 ini sebagai bentuk antisipasi lonjakan kunjungan wisata saat Lebaran mendatang.

Liputan6.com, Surabaya - Lebih dari 500 pelaku usaha dan pekerja wisata di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mulai menjalani vaksinasi COVID-19 sebagai persiapan menyambut libur Lebaran 2021.

"Semua yang terlibat dalam penyelenggaraan wisata, mulai dari pengelola, petugas parkir, penjaga tiket, penjual makanan, pokoknya semua yang terlibat di lokasi wisata wajib jalani vaksinasi,” kata Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung Aris Wahyudiono di Tulungagung, Jumat, 7 Mei 2021.

Pelaksanaan vaksinasi memang mepet dengan jadwal libur Lebaran. Namun, ia menolak program vaksinasi untuk pelaku wisata terlambat, alasannya jatah vaksin untukpelaku wisata memang baru keluar, dilansir dari Antara.

"Pengajuan sudah lama, kuotanya baru muncul sekarang sehingga kita disegerakan. Itu kemarin karena ketersediaan vaksin, untuk sektor pariwisata sudah kita sampaikan ke Dinas Kesehatan,” kata Aris.

Vaksinasi ini, kata Aris, sebagai antisipasi lonjakan kunjungan wisata saat Lebaran mendatang. Apalagi, diperkirakan saat pelarangan mudik, warga cenderung memenuhi lokasi wisata.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pegiat Wisata

Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Tulungagung Karsi Nero Sutamrin menuturkan tahap awal vaksinasi diberikan pada pegiat pariwisata hingga Sabtu (8/5/2021).

Meski telah mendapatkan vaksin, pihaknya tetap meminta pelaku pariwisata tetap menerapkan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan tetap, memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.