Sukses

Prokes Ketat Pilkades di 62 Desa Probolinggo, Seperti Apa?

Sebanyak 62 desa di Kabupaten Probolinggo menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Minggu (3/5/2021).

Liputan6.com, Probolinggo - Sebanyak 62 desa di Kabupaten Probolinggo menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Minggu (3/5/2021). Pilkades dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Penerapan protokol kesehatan bagi pemilih, yakni wajib memakai masker, cek suhu tubuh, mencuci tangan memakai air mengalir, dan penyanitasi tangan saat datang dan akan meninggalkan TPS, serta menjaga jarak," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Probolinggo Ugas Irwanto di Probolinggo, Senin (3/5/2021).

Selain itu, pemilih dan petugas tidak berkerumun, kemudian memakai tinta tetes setelah memilih, serta bagi pemilih yang bekerja di luar kota dan akan menggunakan hak pilihnya harus membawa hasil tes usap antigen.

Menurutnya, petugas wajib memakai masker, memakai face shield, memakai baju lengan panjang, secara berkala mencuci tangan memakai air mengalir dan sabun/menggunakan penyanitasi tangan selama pemilihan berlangsung, serta menjaga jarak serta tidak berkerumun,” tuturnya.

"Setiap TPS menyediakan ruangan khusus bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius, serta tersedia pembatas transparan pada meja panitia pilkades untuk menghindari terjadi kontak langsung antara panitia dengan pemilih," katanya.

Ia menjelaskan sanksi terhadap calon kades, panitia pemilihan pilkades, pendukung dan unsur lain yang melanggar protokol kesehatan dilakukan sesuai dengan Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 01 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, pasal 72.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dijaga TNI-Polri

"Pelaksanaan pemungutan suara pilkades dijaga oleh pihak keamanan yang berasal dari TNI dan Polri serta Satgas, sehingga semua pemilih, petugas TPS dan lokasi TPS menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Untuk memastikan pelaksanaan pilkades serentak berjalan dengan lancar, sukses dan aman dari penyebaran COVID-19, Bupati Probolinggo P Tantriana Sari bersama dengan jajaran Forkopimda melakukan pemantauan posko pilkades di Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini