Sukses

Polisi Usut Kasus Puluhan Karyawan Pabrik Sepatu di Jombang Keracunan Usai Buka Bersama

Puluhan karyawan pabrik sepatu di PT Venezia Jombang, mengalami mual hingga muntah usai menyantap makanan menu buka puasa yang dipesan dari sebuah warung.

Liputan6.com, Surabaya - Puluhan karyawan pabrik sepatu di PT Venezia di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Jombang, mengalami mual hingga muntah usai menyantap makanan menu buka puasa yang dipesan dari sebuah warung.

Kapolsek Bareng Jombang AKP Nanang Sujianto mengatakan, para korban makan makanan yang dipesan oleh perusahaan dari warung Sahabat milik Kustianah (53) warga Dusun Banjarjo, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng.

"Warung tersebut lokasinya berada di depan pabrik, yang kemudian setelah mengkonsumsi makanan merasakan mual, muntah, pusing, nyeri perut dan BAB cair," ucapnya dikutip dari TimesIndonesia, Sabtu (1/5/2021).

Nanang menjabarkan kronologi awal puluhan karyawan keracunan. Saat itu pada Jumat (30/4/2021) sekitar pukul 15.00 WIB pihak kepolisian mendapat laporan dugaan adanya keracunan massal di pabrik sepatu PT. Venezia sebanyak 78 karyawan, dengan gejala mual, muntah, pusing, nyeri perut dan BAB cair.

Sebelumnya, para karyawan mengkonsumsi makanan yang dipesan oleh perusahaan dari Warung Sahabat berupa makanan nasi putih dengan lauk cecek dan tahu yang dimasak bumbu kecap pedas pada Kamis (29/4/2021) pukul 18.00 WIB saat waktu buka puasa.

"Setelah makan, para karyawan melanjutkan bekerja hingga jam 21.00 WIB. Lalu, karyawan pulang ke rumah masing-masing," jelasnya.

Hingga, pada Jumat (30/4/2021) saat para karyawan kembali masuk kerja, pada pukul 08.00 WIB banyak karyawan yang mengalami mual dan muntah.

Selanjutnya puluhan karyawan yang diduga keracunan tersebut dilarikan untuk dirawat di klinik pabrik yang kemudian dirujuk ke RSK Mojowarno dan Puskesmas Bareng Jombang.

"Pelapor atas nama Wefi Budi Agustina (25) sebagai Staff HRD yang melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bareng guna proses penyelidikan," terangnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selidiki

Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Teguh Setiawan menyebut pihaknya sudah mendapat laporan tersebut, penyelidikan akan segera dilakukan.

"Dari TKP diamankan satu bungkus makanan yang berisikan nasi putih dan lauk cecek dan tahu bumbu kecap pedas, satu botol air putih produksi pabrik setempat, satu bungkus sisa kecap manis merk Sedap, sisa muntahan salah satu korban," bebernya.

Akibat peristiwa ini puluhan korban dilarikan ke Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat. Korban yang dirawat di RSK Mojowarno sebanyak 74 orang dan di Puskesmas Bareng sebanyak 2 orang.

"Tindak lanjut dari kejadian ini kami lakukan pemeriksaan dulu terhadap pelapor, melengkapi mindik, melakukan penyelidikan terhadap saksi dan mngirim sampel ke Laboraturium Forensik (Labfor)," pungkasnya terkait keracunan massal di pabrik sepatu Kabupaten Jombang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.