Sukses

4 Jam Pencarian, BPCB Jatim Temukan Titik Lokasi Kapal Van Der Wijck

Setelah menemukan titik lokasi, tim BPCB Jatim juga sempat melakukan penyelaman di titik yang diduga bangkai kapal Van der Wijck tersebut berada.

Liputan6.com, Surabaya - Titik keberadaan Kapal Van Der Wijck yang tenggelam puluhan tahu lalu di perairan Brondong, Lamongan, akhirnya ditemukan.

Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan, titik keberadaan kapal yang kerap disebut Titanic Indonesia tersebut ditemukan setelah 4 jam proses pencarian. 

"Setelah selama 4 jam pencarian di perairan Pantura Lamongan, akhirnya kita menemukan titik lokasi Van der Wijck itu," kata Wicaksono, Kamis (29/4/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Setelah menemukan titik lokasi, tim BPCB Jatim juga sempat melakukan penyelaman di titik yang diduga bangkai kapal Van der Wijck tersebut berada.

Dalam proses eksplorasi, tim BPCB Jatim juga dibantu 5 orang dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, 1 orang dari Polairud Lamongan serta 6 orang nelayan.

"Hari ini tadi kita melakukan penyelaman, tapi visibility (daya lihat) di bawah air di kedalaman 30 meter kurang baik, hanya berjarak 2-3 meter saja," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambil Foto

Kondisi itu membuat tim memutuskan untuk tidak melanjutkan penyelaman dan akan kembali dilanjutkan besok.

"Besok kita akan coba mengambil dokumentasi foto dan video di bawah air," lanjut Wicaksono. 

Seperti diketahui, BPCB Jatim mulai melakukan ekspedisi dan eksplorasi terhadap keberadaan kapal Van der Wijck di perairan Brondong Lamongan, setelah mendapat restu dan dukungan penuh dari Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.