Sukses

7 Wisata Air Terjun di Jember yang Indah dan Wajib Dikunjungi, Penuh Pesona

Wisata air terjun di Jember bisa menjadi pilihan tepat menjadi destinasi liburan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata air terjun di Jember bisa menjadi pilihan tepat menjadi destinasi liburan. Keindahan alam Jember memang tidak kalah menarik dengan wisata Jawa Timur lainnya. Kota Jember yang terletak di bagian selatan wilayah Jawa Timur ini membuatnya memiliki banyak wisata alam, terutama pantai.

Selain pantainya yang indah, ada pula pegunungan atau perbukitan yang menyajikan pemandangan alam yang tak kalah memukau. Pada lereng pegunungan inilah terdapat surga tersembunyi Jember, yaitu wisata air terjun yang menawan.

Wisata air terjun di Jember mungkin masih belum seterkenal agenda tahunannya yaitu Jember Fashion Carnaval. Namun, akan sangat rugi bila kamu tidak mengunjungi berbagai bentang alam yang penuh dengan keindahan dan keunikan ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/4/2021) tentang wisata air terjun di Jember.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Air Terjun Tancak

Kota Jember memang menyuguhkan berbagai macam tempat wisata yang tidak pernah gagal membuat kagum. Wisata air terjun di Jember yang pertama dan tak kalah bagusnya dengan destinasi alam Jember lainnya adalah Air Terjun Tancak.

Berlokasi sekitar 15 km dari pusat kota Jember, atau tepatnya berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Air Terjun Tancak menjadi salah satu lokasi wisata alam terbaik yang ada di Jember.

Air Terjun Tancak diperuntukkan bagi kamu yang gemar petualangan. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus melakukan tracking menyusuri hutan dan perkebunan warga sejauh 2 km. Saat sampai di wisata air terjun di Jember ini, kamu bisa merasakan sejuknya semburan air dari puncak bukit lengkap dengan pemandangan indahnya.

3 dari 8 halaman

Air Terjun Antrokan

Wisata air terjun di Jember selanjutnya adalah Air Terjun Antrokan. Air Terjun Antrokan berlokasi di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pemandangan air terjun antrokan seperti berada di lubang yang dikelilingi tebing batu dengan aliran sungai di bagian tengahnya. Untuk mencapainya, kamu harus melewati jalan setapak dulu. Meski agak sulit, pemandangannya yang memukau akan membayar semua perjuanganmu.

4 dari 8 halaman

Air Terjun Rengganis Jember

Wisata air terjun di Jember yang tak kalah indah adalah Air Terjun Rengganis. Air terjun yang berada di lembah pegunungan, tepatnya di daerah Panti, Jember ini menawarkan pemandangan lengkap yang memanjakan mata. Selain itu, karena berada di hutan lindung, tentunya kamu akan merasakan suasana yang sangat sejuk di sini.

Perjalanan menuju air terjun ini cukup jauh, tapi sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualang. Kamu harus melewati sungai setinggi lutut dan jalanan tanah dan berbatu sebelum mencapai curug yang indah ini.

5 dari 8 halaman

Air Terjun Seputih

Air Terjun Seputih merupakan surga tersembunyi yang berlokasi di Desa Panderan, Kelurahan Seputih, Kecamatan Mayang, Jember. Kamu bisa menikmati pemandangan air yang jernih dan tentu saja merasakan kesejukannya. Sama seperti beberapa pantai lainnya, untuk ke wisata air terjun di Jember ini, kamu perlu melewati jalan yang cukup berat. Namun, setelah sampai di lokasi, kamu bisa menikmati kesegaran air dengan mandi di kolam yang ada di sana.

6 dari 8 halaman

Air Terjun Tujuh Bidadari

Air Terjun Tujuh Bidadari Jember merupakan salah satu wisata air terjun di Jember yang berada di kaki Gunung Raung. Lokasinya yang masih asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar, membuat kamu akan terbebas dari hiruk pikuk perkotaan.

Air terjun ini berlokasi di Gardu Utara, Rowosari, Sumberjambe, Jember, Jawa Timur. Udara di sini sangat alami, kamu bisa bernapas dengan lega dan nyaman tanpa adanya polusi. Apalagi, sebelum mencapai tempat ini kamu akan melewati perkebunan dan perhutanan yang asri dan rimbun, sehingga menjadi sensasi tersendiri selama perjalanan.

7 dari 8 halaman

Air Terjun Anjasmoro, Sumbersalak

Tidak kalah indahnya dengan air terjun sebelumnya, Air Terjun Anjasmoro juga menawarkan alam yang menawan. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan bonus dengan adanya sumber mata air di dekat air terjun, yang bisa kamu nikmati kesejukan dan kejernihannya.  

Selain itu, di samping salah satu wisata air terjun di Jember ini juga terdapat berbagai macam bunga yang sedap dipandang mata. Air Terjun Anjasmoro ini berjarak 30 kilometer dari pusat kota Jember dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Jika kamu masih ingin melanjutkan perjalanan, destinasi selanjutnya adalah Air terjun Damar Wulan yang terletak tak jauh dari lokasi Air Terjun Anjasmoro. Kamu bisa berjalan kaki ke sana, dan rutenya juga tidak sulit.

8 dari 8 halaman

Air Terjun Maelang

Wisata air terjun di Jember berikutnya adalah Air Terjun Maelang. Lokasinya berada di daerah Lojejer, Kecamatan Wuluhan Jember. Untuk mencapai air terjun ini, kamu juga perlu melewati jalan yang tidak biasa, yang mana akan disukai orang yang senang petualangan. Namun, kamu akan disuguhkan dengan air terjun yang masih alami dan masih jarang dikunjungi banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.