Sukses

Hore, Warga Lansia di Situbondo Dapat Rp 2 Juta

Sebanyak 2.154 warga lanjut usia (lansia) di Situbondo menerima Rp 2 juta per tahun yang dicairkan melalui rekening Bank Jatim.

Liputan6.com, Surabaya- Sebanyak 2.154 warga lanjut usia (lansia) di Situbondo menerima Rp 2 juta per tahun yang dicairkan melalui rekening Bank Jatim. Pemberian bantuan ini merupakan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus dari Pemprov Jatim yang diluncurkan Bupati Situbondo Karna Suswandi.

"PKH Plus ini baru pertama dan tahap pertama di Situbondo, yang diberikan kepada lansia," ujar Bung Karna, sapaan akrab bupati,, seusai peluncuran PKH Plus di Pendopo Kabupaten Situbondo, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (25/4/2021).

Penerima manfaat PKH Plus adalah warga lansia yang berusia di atas 70 tahun. Bantuan sosial uang Rp2.000.000 per orang per tahun itu dicairkan setiap tiga bulan sekali. Setiap tiga bulan sekali, penerima mendapatkan Rp 500.000.

Ia berharap bantuan ini mampu menekan angka kemiskinan di Situbondo yang terus mengalami kenaikan akibat pandemi Covid-19.

Koordinator PKH Kabupaten Situbondo Agus Ari Cahyadi menjelaskan lansia yang mendapatkan PKH Plus merupakan komponen dari penerima PKH Kemensos.

"Yang sudah dapat PKH dari Kemensos, jika ada komponen lansia berusia di atas 70 tahun, maka beliau dapat bantuan tambahan PKH Plus yang bersumber dari APBD Jawa Timur," tuturnya.

Pada tahun pertama penyaluran PKH Plus di Situbondo hanya ada tujuh persen dari jumlah KPM PKH 38.512 orang. Untuk tahun berikutnya, pendamping PKH dan pemerintah daerah setempat akan berupaya menambah jumlah penerima manfaat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.