Sukses

Menjawab Tren Berburu Benda Seni Online di L Project

Menurutnya, zaman sudah berubah. Pasar kolektor seni kian bergeser. Dari yang awalnya didomininasi usia 60 tahun ke atas, kini kolektor yang membeli karya seni rata-rata usia 40 tahunan.

Liputan6.com, Surabaya - Mencari barang seni bagus dan asli merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Salah mengakses situs, bisa korban penipuan jual beli karya seni. Begitu juga bagi seniman. Salah memilih koneksi atau bahkan tidak memiliki jaringan ke pasar global juga akan sulit mengembangkan diri.

Punya karya seni bagus tapi tidak bisa dipamerkan, juga percuma. Berkaca dari sejumlah persoalan itu, L Project hadir. Sebuah platform online barang seni yang menjadi solusi bagi kolektor dan seniman sekaligus.

”Dari hasil riset membuktikan, bahwa 60 persen transaksi penjualan karya seni itu dalam bentuk digital. Dulu hal ini seperti mustahil, orang membeli karya seni via online,” ulas CEO L Project Ali Kusno Fusin, Sabtu (24/4/2021).

Menurutnya, zaman sudah berubah. Pasar kolektor seni kian bergeser. Dari yang awalnya didomininasi usia 60 tahun ke atas, kini kolektor yang membeli karya seni rata-rata usia 40 tahunan.

”Ke depan mungkin bisa lebih muda lagi,” imbuhnya.

Untuk bisa merangkum semua kebutuhan pasar dan seniman, pihaknya hadir dengan platform online yang khusus menjual sejumlah karya seni. Dia mengajak seniman muda untuk membuat karya sebagus mungkin untuk ditawarkan ke pasar global yang lebih luas, sebagai mitra L Project.

”Kami bahkan menciptakan ruang pameran virtual (virtual exhibition). Sehingga seniman bisa leluasa memamerkan karya mereka setiap hari. Calon buyer pun bisa leluasa melihat dan memilih dengan seksama barang-barang seni yang mereka mau,” paparnya.

Ali melanjutkan, tidak hanya itu, yang terpenting adalah dirinya bisa menjamin keaslian barang seni, baik lukisan, patung, seni cetak, dan semua yang ada di situs mereka adalah asli.

”Karena sekarang ini pemalsuan barang seni semakin marak. Di L Project kami hanya menampilkan barang seni yang sudah melalui proses kurasi oleh kurator dan galeri. Jadi sudah pasti asli,” jaminnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjualan Online Meningkat

Chairman of Satupena Nasir Tamara mengatakan, tren membeli barang seni via online memang meningkat. Tapi selama ini hanya dijual di platform e-commerce umum.

”Karena platform jualannya tidak pas, jadi tidak menemukan pasarnya. Tapi di L Project, orang yang datang sudah pasti adalah calon buyer untuk membeli barang seni,” ulasnya.

L Project adalah sister company dari Linda Gallery yang sudah memiliki galeri seni di Beijing, Singapura, dan Indonesia sejak 1990.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.