Sukses

6 Museum di Surabaya Bakal Dibuka Lagi, Tiket Dijual Daring

Misalnya seperti Museum Surabaya, buka setiap Selasa – Minggu pukul 09.00 – 14.00 WIB. Selama jam museum beroperasi, terbagi menjadi beberapa sesi.

Liputan6.com, Surabaya - Enam museum di Surabaya yaitu Museum Surabaya, Museum WR Soepratman, Museum HOS Tjokroaminoto, Museum Dr Soetomo, Museum Pendidikan, Museum Sepuluh Nopember dan area Lapangan Tugu Pahlawan, bakal dibuka kembali.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, pembukaan museum itu sudah dilakukan sejak Selasa 20 April kemarin. Dia memastikan pembukaan museum itu tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ketat.

“Pembukaan museum yang dikelola oleh pemkot itu sudah kembali beroprasi sejak kemarin. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga sudah membuat standar operasional prosedur, sehingga warga dapat berkunjung kembali,” ujar Febri, Rabu (21/4/2021).

Dia menjelaskan, untuk mekanisme warga yang hendak berkunjung dapat memesan tiket secara online melalui website https://tiketwisata. surabaya.go.id. Di website tersebut, pengunjung dapat memilih waktu yang telah ditentukan oleh petugas.

Misalnya seperti Museum Surabaya, buka setiap Selasa – Minggu pukul 09.00 – 14.00 WIB. Selama jam museum beroperasi, terbagi menjadi beberapa sesi. Dalam setiap sesi, pengunjung yang dapat masuk terdiri dari 30 orang dengan durasi selama 30 menit.

“Di sela-sela perpindahan jam pengunjung, petugas selalu menyemprot area dengan disinfektan. Jadi diusahakan semaksimal mungkin tetap steril. Tidak lupa pula pengunjung yang masuk pun juga diukur suhu tubuh dan wajib mengenakan masker,” ucapnya.

Tidak hanya itu, mantan Kepala Bidang (Kabid) Satpol PP Surabaya ini mengurai, masing-masing museum memiliki jumlah kapasitas orang yang berbeda-beda dalam tiap sesinya. Sebab, tergantung dengan luasan area yang ada di wilayah museum tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Izin Satgas

Febri mencontohkan, saat pengunjung masuk ke Lapangan Tugu Pahlawan, petugas akan menanyakan tujuan pengunjung tersebut.

“Apakah ke lapangannya, atau ke Museum Sepuluh Novembernya. Pengunjung diberikan waktu 30 menit untuk menikmati museum tersebut,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Febri, masyarakat dapat kembali jalan-jalan menikmati museum yang ada di Kota Pahlawan dengan memperhatikan prokes secara ketat.

Bahkan, dia menambahkan, pembukaan museum ini pun dipastikan telah mendapatkan asesemen dari satgas Covid-19.

“Jadi kita sudah mendapatkan persetujuan dari satgas Covid-19 Kota Surabaya,” ucapnya.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.