VIDEO: Warga Pademawu Antusias Divaksinasi COVID-19 Malam Hari

Oleh Yusron Fahmi pada 19 Apr 2021, 22:11 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 22:11 WIB

Liputan6.com, Jakarta Pemberian vaksin Covid-19 di malam hari terus dilakukan di Puskesmas Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu malam (17/4). Meski dilakukan pada malam hari, tidak menyurutkan antusiasme warga untuk dilakukan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi sendiri dilakukan pada malam hari, lantaran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena daya tahan tubuh orang yang berpuasa cenderung menurun.

Pemberian vaksin Covid-19 di malam hari, salah satunya dilakukan di Puskesmas Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu malam. Meski digelar usai salat tarawih, namun tidak menyurutkan antusiasme warga untuk datang disuntik vaksin.

Vaksinasi kali ini diberikan kepada guru sekolah dasar, warga lanjut usia, dan calon jemaah haji. Menurut pihak puskesmas, pemberian vaksin sengaja dilakukan pada malam hari untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Sebab daya tahan tubuh orang yang berpuasa cenderung menurun.

“Meskipun ada edaran dari MUI, bahwa di bulan puasa bisa dilaksanakan di pagi hari, tapi kita memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan nantinya, biasanya orang yang berpuasa itu ada keluhan lemas,” kata dr Muzammil, Kepala Puskesmas Pademawu.

Meski warga antusias, namun pemberian vaksin pada malam hari terkendala terbatasnya waktu. Jika pada hari biasa, vaksin bisa diberikan pada 200 warga per hari, namun vaksinasi malam hari hanya menjangkau 100 penerima. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, (18/4/2021).