Kapal Bintang Jaya Mandiri Terbakar di Laut Jawa, 16 ABK Selamat

Oleh Dian Kurniawan pada 16 Apr 2021, 21:02 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 21:02 WIB
20151220-Ilustrasi Kapal Tenggelam-AFP
Perbesar
Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Liputan6.com, Surabaya - Kapal Ikan Bintang Jaya Mandiri terbakar di laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis 15 April kemarin. Beruntung 16 Anak Buah Kapal (ABK) berhasil selamat dengan menceburkan diri ke laut.

"Iya benar, saat ini seluruh ABK akan pemeriksaan kesehatan serta tes Covid-19. Setelah dinyatakan sehat maka seluruh awak kapal akan dipulangkan menuju tempat asalnya di Jawa Tengah dan Jawa Barat dengan menggunakan mobil," ujar Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat (16/4/2021).

Salah satu ABK kapal yang terbakar, Riswandi mengaku bahwa kebakaran kapalnya terjadi pada Kamis kamarin siang. Saat itu, lanjut Riswandi, percikan api langsung membesar dan membakar kapal.

"Alhamdulillah, seluruh awak kapal berhasil selamat dengan cara menceburkan diri ke laut. Kondisi kapal sudah hangus terbakar," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Kepulan Asap

Sedangkan Kapten Kapal MT Queen Majesty Muhammad Amin Rahman mengatakan, saat itu dirinya mengemudikan kapal tanker dari Malaysia menuju Tuban.

Di sekitar perairan laut Jawa, Bangka Belitung, lanjut Rahman, dari jarak 7 Mil, kru kapal sudah melihat ada kepulan asap dari Kapal Ikan Bintang Jaya Mandiri yang terbakar.

"Kami langsung menyiapkan tim rescue untuk menolong ABK kapal yang mengapung akibat kapalnya terbakar," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓