VIDEO: Parade Kostum Digelar di Atas Kolam Ikan Taman Botani Jember

Oleh Yusron Fahmi pada 15 Apr 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 16:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Puluhan model tampil dalam parade kostum atraktif di Jember, Jawa Timur. Menariknya peserta menampilkan kostumnya sambil berlenggak-lenggok di atas ikan, sehingga menjadi tantangan tersendiri. Parade kostum yang diadakan di Taman Botani di Kecamatan Sukorambi, Jember.

Para peserta asal Malang ini berangkat ke Jember, beberapa jam sebelum gempa mengguncang. Berbagai tema kostum ditampilkan, mulai dari megalitikum, garuda, bali hingga kostum bernuansa tradisional lainnya. Seluruh peserta dilengkapi dengan protokol kesehatan. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, (12/4/2021).

Suasana Taman Botani di Kecamatan Sukorambi, Jember, Minggu siang, terlihat berbeda dengan penampilan puluhan peraga kostum dari berbagai kota di wilayah Jawa Timur. Mereka datang memamerkan kostum hasil karyanya untuk ditampilkan.

Uniknya, cat walk kali ini berada di atas kolam ikan, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Selain diikuti tuan rumah, belasan peserta juga berasal dari Kabupaten Malang yang rumahnya rusak akibat gempa yang terjadi pada Sabtu siang.

Para peserta asal Malang ini berangkat ke Jember beberapa jam sebelum gempa mengguncang. Berbagai tema kostum ditampilkan, mulai dari megalitikum, garuda, bali, hingga kostum bernuansa tradisional lainnya.

Seluruh peserta juga dilengkapi dengan protokol kesehatan, seperti pelindung wajah yang dihias sedemikian rupa untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Parade digelar untuk membangkitkan kembali sektor ekonomi kreatif, yang sempat berhenti akibat pandemi Covid-19.

“13 kota, ada 50 peserta, ada drum band-nya sampai 75, jadi kami melihatnya ini adalah salah satu upaya kami, memberikan kreativitas sama mencetuskan produk kreativitas, dengan harapan ekonomi, ekonomi di saat pandemi ini bisa bangkit karena kreasi-kreasi seperti ini, karena ini bisa mulai dari suvenir yang kecil, sampai dengan manekin yang ada di rumah, atau di kantor-kantor, mereka siap untuk mengadakan itu,” tutur Febrian Kahar, Penyelenggara.

Selain para model, para penonton yang hadir di tempat ini juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker dan menjaga jarak.